10 Usaha Menjanjikan di Tahun 2021

April 25, 2021

Memasuki tahun 2021, dunia masih bersama-sama berjuang menghadapi pandemi virus corona. Beberapa perubahan terjadi pada aspek kehidupan manusia, salah satunya yaitu mengurangi tatap muka dan segala kegiatan terpusat di rumah. Kabar baiknya, dengan kondisi ini, justru membuka berbagai macam peluang usaha.Jangan lupa, untuk mempermudah transaksi antara Anda dan customer, gunakan aplikasi pembayaran online, ya! Selain mengurangi kontak langsung, memakai aplikasi pembayaran online juga praktis dan efisien. 

 

Tanpa menunggu lagi, yuk, cari tahu apa saja ya usaha menjanjikan di tahun 2021 ini!

  • Fashion

Walaupun seluruh penduduk dunia banyak menghabiskan waktunya di rumah saja, namun ternyata kebutuhan mereka akan pakaian juga meningkat. Khusus para wanita, mereka akan cenderung menambah koleksi daster dan baju rumah agar nyaman berkegiatan di rumah. Kondisi ini merupakan salah satu peluang usaha yang bisa Anda manfaatkan. Beranikan diri untuk membuka usaha di bidang fashion

Jangan ragu untuk berinovasi pada bisnis fashion Anda. Rancang dan pasarkan pakaian yang nyaman untuk digunakan di rumah agar para pekerja yang harus bekerja dari rumah tetap bisa bekerja dengan nyaman dan produktif. Coba juga untuk membuat koleksi seragam untuk keluarga atau pasangan antara ibu dengan anak perempuannya. Diferensiasi sangat penting pada bisnis fashion yang akan Anda tekuni.Menjalani usaha di bidang fashion merupakan usaha yang bisa masuk ke dalam kategori menjanjikan di tahun 2021. 

 

  • Tanaman Hias

Ketika pemerintah mengeluarkan kebijakan agar masyarakat bekerja dan belajar dari rumah akibat virus corona, banyak orang yang mulai mencoba melakukan eksplorasi pada hobi. Salah satu hobi yang sempat viral di pertengahan tahun 2020 hingga tahun 2021 ini adalah tanaman hias. Beberapa orang bahkan tidak segan untuk merogoh kocek yang dalam untuk satu pot tanaman hias.

Melihat antusiasme masyarakat pada tanaman hias di quarter 2 tahun 2021 ini, usaha tanaman hias menjadi salah satu usaha menjanjikan di tahun 2021. Kisaran harga tanaman ini pun beragam, mulai dari puluh ribuan hingga puluh jutaan. Manfaatkan media sosial Instagram atau Facebook untuk memasarkan produk tanaman hias Anda. 

 

  • Camilan/Makanan Ringan

Kebiasaan yang sulit hilang ketika bekerja dengan kondisi harus berlama-lama di depan laptop atau komputer adalah ngemil. Tujuannya adalah agar dapat mengusir rasa kantuk. Agar praktis, banyak dari para pekerja yang melakukan work from home (WFH) mencari camilan sebagai teman kerjanya. Berbagai camilan manis dan asin selalu diburu oleh mereka.

Lagi-lagi kondisi ini adalah peluang usaha bagi Anda yang ingin memiliki usaha di tahun 2021 ini. Anda bisa coba menjual berbagai camilan yang ringan seperti kerupuk, kue kering, dessert box, hingga kue bolu. Berbagai macam camilan tersebut memiliki pasarnya masing-masing. Biasanya pembeli juga membutuhkan lebih dari satu kemasan camilan. Jadi buat variasi yang banyak dari camilan yang akan Anda jual agar dapat meningkatkan minat pembeli.

 

  • Masker 

Kebiasaan gaya hidup baru yang muncul akibat pandemi juga adalah penggunaan masker. Saat ini, setiap orang diwajibkan untuk memakai masker setiap keluar rumah. Demi keamanan dan keselamatan bersama, masyarakat disarankan agar menggunakan masker medis.

Anda bisa memulai usaha dengan berjualan masker. Untuk menjual produk yang satu ini, Anda tidak memerlukan ruangan yang terlalu besar karena kotak-kotak masker tersebut dapat disimpan dimana saja. Anda bisa memasarkan produk masker ini ke grup aplikasi chatting seperti Whatsapp maupun mempromosikannya di media sosial Anda. Yakinlah bahwa kebutuhan masker masih akan terus meningkat karena saat ini masyarakat sudah dibiasakan untuk menggunakan masker.

 

  • Minuman Herbal/Jamu

Jamu menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk menjaga daya tahan tubuh, selain vitamin. Sejak dahulu kala, tradisi masyarakat Indonesia adalah meminum jamu dari rempah-rempah pilihan. Jamu memang dipercaya berkhasiat untuk meningkatkan imun, melancarkan saluran pencernaan, hingga melangsingkan badan. 

Oleh karena itu, hingga saat ini jamu masih menjadi pilihan masyarakat untuk melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri. Beberapa jenis jamu dan minuman herbal yang menjadi favorit adalah kunyit asam, beras kencur, dan teh rosella.

Pastikan Anda memilih bahan-bahan jamu dengan kualitas yang baik. Buat kemasan jamu yang aman untuk dikirim dengan berbagai jenis layanan pengiriman. Untuk menjaga rasa dan manfaat dari jamu yang Anda buat, jangan gunakan pengawet. Anda bisa menjual jamu atau minuman herbal lainnya dengan sistem pemesanan pre order. Sehingga, seluruh minuman herbal dan jamu yang Anda buat sudah pasti akan dikirimkan ke pembeli. Jangan lupa untuk menyiapkan kulkas tambahan untuk menyimpan botol-botol jamu yang sudah Anda buat sebelum dikirim ke pembeli. 

 

  • Laundry

Seakan tidak mau repot, saat ini masyarakat banyak yang memilih menggunakan jasa laundry untuk mencuci pakaian mereka. Mencuci baju terlihat sebagai pekerjaan yang cukup ringan dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Namun perlu diingat, setelah dicuci, pakaian tersebut masih harus disetrika. Intinya, proses pembersihan pakaian ini adalah rangkaian kegiatan yang menyita banyak waktu. Sedangkan masyarakat, khususnya yang tinggal di kota-kota besar, harus membagi waktu mereka untuk bekerja dan mengerjakan kebutuhan seperti mencuci dan menyetrika. 

Akhirnya banyak di antara mereka yang memilih jasa laundry untuk urusan cuci dan setrika baju. Jangan lewatkan peluang usaha ini karena peminatnya akan terus bertambah. Untuk permulaan, Anda bisa memanfaatkan mesin cuci di rumah sebagai modal. Kemudian pasang tiang nama usaha laundry Anda agar masyarakat sekitar tahu tentang usaha Anda. Jangan lupa untuk menyebarkan informasi usaha Anda ini ke grup whatsapp komplek perumahan Anda. Buat juga promo-promo menarik yang dapat membuat orang ingin menggunakan layanan laundry Anda. 

 

  • Menjadi Dropshipper/Reseller

Salah satu “jalan pintas” untuk memiliki usaha dengan dengan menjadi dropshipper atau reseller barang yang diproduksi pihak lain. Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha ini tidak besar merupakan salah satu peluang usaha yang menguntungkan. Anda akan banyak menghemat biaya produk untuk barang yang akan Anda jual.

Persyaratan menjadi dropshipper atau reseller pun cukup mudah. Sebagai dropshipper, Anda hanya perlu mempromosikan produk tersebut tanpa perlu menyimpan stok. Nantinya barang akan dikirimkan langsung ke konsumen Anda oleh supplier. Sedangkan sebagai reseller, Anda hanya perlu menyimpan jumlah stok produk dengan jumlah minimal. 

 

  • Waralaba/Franchise

Anda yang memiliki tabungan dan tertarik ingin memiliki usaha di tahun 2021 ini? Bisnis waralaba/franchise mungkin bisa menjadi pilihan. Dengan menjadi franchisee (mitra waralaba), Anda akan dibantu oleh perusahaan waralaba untuk mengelola bisnis Anda. saat ini berbagai bisnis sudah terbuka bagi para calon mitra waralaba seperti minimarket, bakso aci, dan pisang nugget.

Dalam menjalani usaha waralaba, Anda hanya perlu melakukan pemantauan terhadap bisnis yang berjalan. Segala kebutuhan toko seperti bahan baku, karyawan, materi promosi akan diurus oleh perusahaan waralaba. Anda tidak perlu repot menyiapkan keperluan toko. Cukup pantau dan lakukan diskusi dengan perusahaan waralaba tentang kemajuan bisnis di cabang waralaba Anda.

 

  • Tempat Cuci Motor dan Mobil

Jika Anda memiliki lahan kosong yang belum dijadikan tempat tinggal atau usaha lainnya, membuka usaha tempat pencucian motor dan mobil bisa jadi usaha yang bisa dibuka di lahan tersebut. Usaha ini termasuk salah satu usaha yang bisa dikatakan hampir selalu ramai. Banyak orang yang rela mengantri untuk waktu yang lama sekalipun demi kendaraan mereka terlihat bersih dan wangi. 

Untuk pemula, Anda bisa memulai usaha ini dengan membuka tempat pencucian khusus motor terlebih dahulu. Jika sudah makin berkembang, baru lah Anda bisa mulai juga ke jasa pencucian mobil yang lebih besar lagi.

 

  • Peralatan Olahraga

Untuk menjaga kesehatan walaupun kegiatan lebih banyak dilakukan di rumah, masyarakat mulai menyiapkan anggaran untuk membeli peralatan olahraga. Terjadi peningkatan pada tren belanja terhadap peralatan olahraga seperti matras yoga, dumbbell, dan raket bulu tangkis.

Anda bisa memulai usaha berjualan alat-alat olahraga dengan harga terjangkau namun dengan kualitas yang baik juga. Untuk meningkatkan minat calon pembeli, lengkapi produk yang Anda jual dengan peralatan pendukung olahraga seperti sepatu olahraga, atau jaket khusus olahraga, atau pakaian olahraga lainnya.

 

Dari daftar usaha menjanjikan di tahun 2021 yang sudah dijelaskan di atas, jadi usaha manakah yang tertarik bagi Anda untuk dijalani? Apapun usahanya, Anda tidak perlu khawatir akan metode pembayarannya.

 

Saat ini sudah tersedia solusi untuk transaksi non tunai kapan saja, dimana saja. Download aplikasi pembayaran online AIQQON di Playstore, satu aplikasi untuk kembangkan usahamu. Karena yang istimewa, kalah dengan yang selalu ada.

 

Referensi : 

Exabytes. 11 Peluang Bisnis Online Yang Akan Booming di Tahun 2021

Moodah. 8 Peluang Usaha Yang Menguntungkan di Tahun 2021

Jojonomic. Usaha Modal Kecil yang Menjanjikan di 2021,Wajib Dicoba!

Niagahoster. 30+ Peluang Usaha Paling Menjanjikan di Tahun 2021

Sumber foto: Pixabay

Customer Service Aiqqon
Halo, selamat datang di AIQQON. Apakah ada yang bisa saya bantu?