3 Kesalahan Umum Saat Pertama Kali Berbisnis, Hindari

April 27, 2021

Apakah Anda merupakan seseorang yang tertarik untuk terjun ke dunia bisnis? 

Jika iya, maka Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal agar bisnis Anda berjalan dengan baik. Jika Anda menginginkan kebebasan secara finansial dan memiliki waktu luang yang lebih fleksibel, berbisnis mungkin bisa menjadi salah satu pilihan bagi Anda. 

Untuk memulai sebuah bisnis, Anda perlu memperhatikan tentang bisnis apa yang akan Anda kelola, cara mendapatkan modal usaha, target pasar yang dituju, risiko yang akan dihadapi, dan banyak hal lainnya. Salah satu hal yang patut dipertimbangkan adalah penggunaan aplikasi pembayaran online di era digital ini.

Memang sering terdapat beberapa kesalahan yang umumnya dilakukan oleh para pebisnis pemula dalam mengelola sebuah bisnis. Penting bagi Anda yang ingin memulai bisnis pertama kali untuk menghindari kesalahan-kesalahan tersebut agar bisnis Anda berjalan dengan baik. Membuat gerakan yang tepat di awal, akan dapat membantu Anda menghindari “sakit kepala” di kemudian hari.

Untuk mencegah Anda membuat kesalahan pada saat pertama kali memulai bisnis, maka Anda perlu 3 hal berikut ini!

 

1. Tidak Membuat Rencana Bisnis Dengan Baik

Dengan membuat rencana bisnis yang baik dan matang akan membantu Anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dalam mengelola sebuah bisnis. Jika Anda memulai sebuah bisnis tanpa perencanaan, maka bisnis Anda akan rentan mengalami kegagalan. Anda tidak memiliki strategi pemasaran yang tepat, tidak tahu target pasar yang dituju dari produk atau jasa yang Anda tawarkan, tidak memiliki rencana cadangan ketika menghadapi sebuah tantangan, dan banyak hal lainnya. Hal inilah yang akan membuat bisnis Anda jatuh perlahan-lahan.

Maka penting bagi Anda jika ingin memulai bisnis pertama kali untuk membuat perencanaan bisnis yang matang. Hal tersebut juga akan membantu Anda fokus pada tujuan bisnis yang akan dicapai, serta akan akan menjadi pedoman bagi Anda dalam mengelola sebuah bisnis.

Anda perlu mempersiapkan mental yang kuat dan harus mempunyai jiwa yang pantang menyerah untuk memulai sebuah bisnis. Pasalnya, jika nanti bisnis Anda mengalami penurunan dan tidak berjalan dengan lancar, Anda tidak akan mudah stress dan terus bekerja keras agar bisnis Anda kembali sukses.

 

2. Persiapan dan Sumber Keuangan yang Kurang Memadai

Sebagai seorang pemula, menjalankan sebuah bisnis layaknya seorang bayi yang baru lahir. Sebab ada banyak hal yang belum Anda ketahui serta minimnya pengalaman dalam berbisnis. Menjalankan sebuah bisnis sebetulnya bukan hal mudah dilakukan, tetapi juga buka hal yang sulit. 

Mengapa demikian? Karena dalam berbisnis akan banyak hal yang tidak terduga. Ada kalanya bisnis yang Anda jalani berada di atas, terkadang bisa juga mengalami penurunan. Anda harus menikmati segala prosesnya. Jangan sampai Anda menyerah di tengah jalan hanya karena bisnis Anda mengalami penurunan sesaat. Anda harus bekerja keras dan tekun untuk mengembalikan bisnis Anda ke puncak kesuksesan.

Persiapan tentu tidak dapat Anda anggap remeh dalam mengelola sebuah bisnis. Tak jarang para pebisnis pemula mengabaikan hal yang satu ini, karena mereka biasanya hanya memikirkan modal awal saja untuk menjalankan sebuah bisnis. Dan hasilnya sering kali setiap mereka menghadapi sebuah kendala keuangan, maka mereka tidak dapat  menyelesaikannya dengan maksimal.

Guna menghindari masalah tersebut, pastikan Anda menyiapkan proyeksi keuangan bisnis Anda dengan sebaik mungkin, terutama dalam 12 bulan pertama. Ini juga dapat membantu Anda dalam mengamankan pembiayaan dan investasi kedepannya.

 

3. Kurangnya Relasi

 

Dalam dunia bisnis, tentunya relasi menjadi salah satu hal yang sangat penting. Namun, terkadang jarang mendapat perhatian dari para pebisnis pemula khususnya. Ketika Anda menjalankan sebuah bisnis ada baiknya jika Anda memiliki banyak rekan dan relasi. 

Hal ini juga tentunya akan membantu bisnis Anda berkembang dengan baik. Dengan memiliki jaringan yang luas, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan, salah satunya dalam hal promosi. Jika Anda belum memiliki relasi yang banyak, maka penting bagi Anda untuk membuka diri dalam pertemanan.

Nah itu tadi adalah 3 kesalahan umum yang sering dilakukan saat pertama kali berbisnis. Selain 3 hal tersebut, Anda juga perlu memperhatikan beberapa kesalahan yang mungkin terjadi. Seperti pemilihan ide bisnis yang salah, terlambat masuk pasar, tidak dapat menerima kritik dan saran, tidak mengikuti perkembangan teknologi, dan banyak hal lainnya. Penting bagi Anda untuk mempelajari hal-hal tersebut agar bisnis Anda berjalan dengan baik!

 

Anda juga perlu untuk memikirkan kemudahan transaksi bagi konsumen Anda. Sekarang Anda tidak perlu khawatir, karena kini hadir aplikasi pembayaran online AIQQON. Solusi untuk setiap transaksi non-tunai mu, dimana saja dan kapan saja!

 

Download aplikasi pembayaran online AIQQON di Playstore, satu aplikasi untuk kembangkan usahamu. Karena yang istimewa, kalah dengan yang selalu ada. Dengan AIQQON, jualan semakin mudah!

 

Referensi:

Jurnal Entrepreneur.

Online Pajak.

BDC.

Sumber foto: Shutter Stock.

Customer Service Aiqqon
Halo, selamat datang di AIQQON. Apakah ada yang bisa saya bantu?