4 Alasan Kamu Harus Memakai Digital Payment Untuk Bisnis

April 5, 2021

Digital Payment atau pembayaran digital adalah sistem yang dikembangkan guna mengefisienkan proses jual beli antara penjual dan pembeli. Sistem pembayaran digital telah menjadi salah satu program kerja pemerintah guna meningkatkan perkembangan bisnis UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Indonesia. Program ini menargetkan 8 juta pebisnis UMKM untuk go-digital. 

Hal ini tentu saja karena sistem digital payment telah membuktikan dirinya mampu membantu kemajuan bisnis UMKM dalam skala besar. Kemudahan-kemudahan yang ditawarkan oleh sistem pembayaran ini telah memberi keuntungan dan dampak yang sangat positif pagi penggiat usaha kecil maupun bagi mereka yang baru memulai usaha. 

Berikut beberapa kelebihan dari digital payment yang membuat kamu harus mulai memakai Digital Payment untuk bisnis:

 

Lebih Praktis dan Efisien

Dengan adanya Digital Payment, kamu tidak perlu lagi mengeluarkan tenaga untuk menghitung dan mengevaluasi transaksi secara manual, karena semua transaksi telah terekam dalam sistem. Hal ini tentu saja memudahkan pebisnis dalam mengatur keuangannya.  

Selain itu, bagi pebisnis sendiri, waktu merupakan aset yang berharga, sebisa mungkin agar dapat dimanfaatkan dengan seefisien mungkin guna  menekan cost (pengeluaran) tambahan yang tidak perlu. Apabila setiap pembelian dan penjualan produk bisa dilakukan secara online dan pembayarannya juga bisa dilakukan secara online, hal ini tentu saja dapat menghemat banyak waktu dan pengeluaran operasional. Sehingga, waktu yang dimiliki bisa lebih difokuskan untuk meningkatkan produktivitas produksi dan marketing bisnis.

Baca Juga : 5 Manfaat Memakai Sistem Pembayaran Non Tunai

 

Meningkatkan Keamanan Transaksi

Sistem Digital Payment yang dikembangkan oleh situs-situs e-banking biasanya telah memiliki standar keamanan yang terjamin dan diawasi oleh otoritas yang berwenang. Sehingga, para penggunanya tidak perlu merasa khawatir akan keamanan transaksinya, serta hal-hal yang tidak diinginkan lainnya seperti penipuan dan penggelapan uang. 

Tidak hanya itu saja, penyedia layanan digital payment juga biasanya memberikan berbagai fitur yang dapat membantu anda ketika mengalami hal-hal tidak diinginkan ketika menggunakan layanannya. Fitur pengembalian barang, pengembalian uang, laporan penipuan, dan lainnya terus dikembangkan oleh penyedia layanan, guna menjamin keamanan transaksi dan kepuasan penggunanya.

 

Meningkatkan Omset Bisnis

Sebuah penelitian demografi dari salah satu universitas di Indonesia pernah mencatat bahwa UMKM yang menggunakan metode digital payment telah menunjukkan kenaikan keuntungan secara signifikan sebesar 55% dengan kontribusi transaksi hampir mencapai Rp 1.7 triliun setiap tahunnya bagi negara. Kenaikan keuntungan tersebut disebabkan oleh peningkatan jumlah penggunanya baik penjual, pembeli, sponsorships, dan lainnya, yang telah menggunakan sistem pembayaran digital (digital payment). 

Kemudahan dalam mencari barang, memilih barang yang paling cocok, dan membayar belanjaan tanpa harus saling bertemu secara fisik telah meningkatkan antusias pembeli dalam berbelanja. Keleluasaan yang diberikan pada pembeli untuk dapat menyesuaikan kualitas, kuantitas, dan anggaran yang dimiliki pembeli akan suatu barang, tentu saja secara tidak langsung mampu meningkatkan posibilitas terjadinya transaksi jual-beli yang semakin tinggi.

 

Layanan yang Terus Ditingkatkan

Pertumbuhan penyedia layanan digital payment sangatlah pesat. Pengembang-pengembang layanan ini akan terus bersaing untuk menjadi semakin baik. Target pasar yang besar tentu saja akan membuat penyedia layanan semakin gencar meningkatkan kualitas layanannya. Fitur-fitur baru yang semakin beragam akan terus dikembangkan guna memudahkan dan memenuhi kebutuhan penggunanya. Jadi, tidak hanya konsumen, para pebisnis juga akan menikmati manfaat yang luar biasa apabila mampu mengikuti perkembangan layanan yang ditawarkan oleh digital payment.

Perubahan gaya hidup manusia di zaman sekarang yang semakin cepat dan terus mengutamakan sesuatu yang lebih praktis telah membuat layanan digital payment menjadi pilihan yang sangat digemari di kalangan generasi muda. Tak jarang, beberapa calon pelanggan bahkan bisa membatalkan pembeliannya hanya karena penjual belum menyediakan sistem pembayaran digital. Gaya hidup cashless (nontunai) sekarang telah menjadi tren yang terus berkembang pesat di Indonesia. Kelak diperkirakan sistem pembayaran nontunai ini akan menjadi sistem transaksi utama di Indonesia sama seperti yang sudah terjadi di negara-negara maju di dunia lainnya.

 

Bagaimana? Sudah mulai melirik digital payment untuk bisnis? Kamu berada di jalan yang benar! Apakah kira-kira bisnismu termasuk dalam UMKM yang membutuhkan aplikasi pembayaran online? Cari tahu di link dibawah ini!

Baca juga : 7 Contoh UMKM Yang Membutuhkan Aplikasi Pembayaran Online

 

Solusi untuk transaksi non tunai kapan saja, dimana saja. Download aplikasi pembayaran online AIQQON di Playstore, satu aplikasi untuk kembangkan usahamu. Karena yang istimewa, kalah dengan yang selalu ada

 

(Sumber foto: 3D Animation Production Company dari Pixabay)

Customer Service Aiqqon
Halo, selamat datang di AIQQON. Apakah ada yang bisa saya bantu?