4 Alasan UMKM Go Digital Bisa Menguntungkan Bisnis Anda

April 5, 2021

Adanya pandemi memang betul mengubah hidup banyak orang. Banyak orang yang kehilangan pekerjaannya dan harus memutar otak untuk bertahan hidup. Di masa pandemi, banyak bisnis kecil-kecilan baru bermunculan. Hal ini terbukti dari meningkatnya jumlah UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) selama masa pandemi. 

Perkembangan UMKM bukannya tanpa alasan. Perkembangan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi berjalan dengan cepat dan terus menghadirkan inovasi-inovasi yang hebat. Berbagai temuan baru berhasil digunakan di dalam kegiatan harian manusia, mulai dari belajar, berbelanja, hiburan, dan lain-lain. Untuk terus “eksis” dan berkembang, para pelaku UMKM sudah saatnya melirik sisi digital. Hanya sedikit sekali UMKM yang memanfaatkan teknologi digital ini. Mengapa Go Digital itu penting? Simak 3 alasannya disini.

 

Memberi Pengalaman Berbelanja Yang Baru Bagi Konsumen

Kehadiran teknologi turut mengubah gaya hidup manusia termasuk gaya berbelanja. Saat ini, melakukan online shopping adalah hal yang sangat biasa. Hampir semua kalangan usia bisa melakukannya. Channel yang tersedia pun beragam, bisa melalui marketplace, website, atau media sosial. 

Di tengah kondisi pandemi yang masih terjadi saat ini, online shopping semakin banyak diminati oleh konsumen karena mereka tetap dapat memenuhi kebutuhan tanpa harus ke supermarket serta tetap menerapkan physical dan social distancing. UMKM juga bisa lebih berkreasi dan berinovasi dalam menyediakan pilihan menu dan layanan bagi konsumen dengan ikut serta menjadi Go Digital. 

Baca Juga : 7 Contoh UMKM Yang Membutuhkan Aplikasi Pembayaran Online

 

Meningkatkan Kesempatan Kolaborasi

Salah satu strategi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesadaran (awareness)  masyarakat akan suatu produk atau merek adalah dengan melakukan sesuatu yang berbeda atau terobosan dan inovasi. 

Inovasi bisa hadir dari kolaborasi antar merek, walaupun dari bidang yang sangat jauh berbeda. Kehadiran teknologi akan sangat memudahkan kolaborasi dan meningkatkan kemudahan dalam mendapat perhatian dari brand lain agar saling mengetahui antar brand sehingga bisa tercipta kolaborasi. 

Media sosial sangat bermanfaat untuk menarik perhatian dan meningkatkan engagement antara brand dengan konsumennya. Berbagai macam fitur yang tersedia di media sosial akan sangat memudahkan UMKM dalam kegiatan publikasi dan promosi kolaborasinya. Akan sangat disayangkan, jika para UMKM masih enggan untuk Go Digital, padahal program ini justru akan memberi banyak manfaat dan keuntungan. 

 

Meningkatkan Jumlah Calon Pembeli 

Selain kolaborasi, manfaat di bidang marketing yang bisa UMKM rasakan dengan mengikuti Go Digital adalah memperluas jaringan marketing. Seperti yang kita ketahui, media sosial memiliki ruang lingkup yang sangat luas dan menjangkau seluruh bagian dunia. Oleh karena itu, dengan Go Digital sangat memungkinkan UMKM untuk mendapat konsumen dari mancanegara. Untuk mendapat perhatian mereka, diperlukan juga kemasan yang menarik dan materi promosi yang unik. 

Dengan omset penjualan yang meningkat, tentunya laba dari UMKM juga meningkat. Hal ini bisa membantu dalam perkembangan bisnis kecil-kecilan yang bisa berkembang menjadi lebih besar dengan kualitas dan kuantitas yang semakin baik tentunya.

 

Efisiensi Biaya

Tanpa memanfaatkan kecanggihan teknologi dan mengadaptasi program Go Digital, UMKM cenderung akan lebih banyak mengeluarkan biaya. Sedangkan dengan program Go Digital, UMKM bisa melakukan efisiensi biaya di berbagai sektor seperti transportasi, pergudangan, dan promosi. 

Tanpa program Go Digital, UMKM hanya akan melakukan promosi secara offline seperti bergabung di acara-acara seperti pameran atau bazar yang diadakan oleh pihak tertentu yang tentu akan sangat sulit dilakukan di masa pandemi seperti sekarang ini. Dengan mengikuti program Go Digital. 

 

Nah, itu tadi 4 Alasan UMKM Go Digital Bisa Menguntungkan Bisnis Anda. Di masa serba maju ini, mau tidak mau kita memang diwajibkan beradaptasi. Apalagi dengan adanya pandemi, tatap muka lebih dibatasi. Dengan digitalisasi UMKM, bisnis bisa tetap berjalan. Namun, perlu diingat, UMKM juga perlu mem-branding produk yang dijual dengan apik. Diperlukan usaha lebih untuk membuat kemasan yang bagus, kemauan belajar untuk memasarkan produk sendiri di internet, baik di marketplace atau media sosial. Pembuatan website dengan nama domain sendiri sebagai website resmi juga disarankan supaya kesan profesional bisa tercapai.

 

Solusi untuk transaksi non tunai kapan saja, dimana saja. Download aplikasi pembayaran online AIQQON di Playstore, satu aplikasi untuk kembangkan usahamu. Karena. yang istimewa, kalah dengan yang selalu ada

 

Referensi :
Berita Satu. UMKM Didorong Berbasis Digital di Era Pandemi

Bisnis. UMKM Go Digital, Tak Hanya Sekadar Jualan Daring

Antara News. Pemerintah targetkan 30 juta UMKM masuk platform digital 2021

Customer Service Aiqqon
Halo, selamat datang di AIQQON. Apakah ada yang bisa saya bantu?