5 Contoh UMKM yang Tidak Membutuhkan Modal Besar, Tapi Bisa Balik Modal Cepat

April 25, 2021

Untuk menjadi seorang pebisnis, hal utama yang perlu dipersiapkan adalah modal usaha. Selain modal usaha, hal lain yang juga harus Anda persiapkan adalah jenis usaha yang akan Anda bangun. Dan jangan lupa untuk memanfaatkan sumber daya yang ada di sekitar Anda. Selanjutnya, Anda harus menyesuaikan jenis usaha apa yang akan Anda jalankan dengan keterampilan dan modal yang Anda miliki, agar usaha Anda dapat berjalan dengan baik. 

 

Namun, terkadang banyak orang yang kemudian menjadi ragu untuk membuka sebuah usaha karena terkendala oleh modal yang besar. Jika Anda merupakan salah satunya, maka artikel kali ini sangat cocok untuk Anda. Kami akan  memberikan 5 contoh UMKM yang tidak membutuhkan modal besar, tapi bisa balik modal cepat. Langsung simak saja, yuk!

 

Kuliner

Bisnis yang satu ini merupakan salah satu bisnis yang tidak pernah mati. Pasalnya makanan merupakan kebutuhan pokok yang dibutuhkan oleh setiap orang. Di Indonesia sendiri, bisnis kuliner memberikan sumbangsih sebesar 36,4% terhadap PDB manufaktur pada tahun 2020 lalu.

Bisnis kuliner terbilang cukup mudah untuk dikembangkan, pasalnya Anda tidak memerlukan skill khusus untuk membuka bisnis kuliner ini. Kuncinya Anda harus selalu konsisten terhadap cita rasa dan sesekali melakukan inovasi-inovasi terhadap produk Anda. 

Anda bisa menentukan produk apa yang akan dijual, mulai dari makanan berat, minuman, cemilan, hingga berbagai jenis kue sesuai dengan keinginan Anda.

Karena adanya sosial media, Anda kini juga dapat dengan mudah memasarkan bisnis Anda. Terlebih dengan adanya layanan pesan antar yang disediakan oleh ojek online. Selain mempermudah dalam hal promosi, itu juga akan memudahkan pelanggan Anda untuk memesan produk yang Anda jual tanpa harus datang langsung ke lokasi.

 

Fashion 

Perubahan tren fashion dunia memang tidak pernah ada habisnya. Hal ini disebabkan oleh perubahan zaman yang terjadi dari masa ke masa. Semakin maju perkembangan zaman, semakin berubah juga gaya berpenampilan orang-orang.

Jika Anda jeli dalam melihat peluang, maka bisnis ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Bisnis yang satu ini terbilang cukup menjanjikan, karena ruang lingkup dari fashion itu sendiri sangat luas serta tidak ada batasan usia dan gender. Anda bisa menjual pakaian, aksesoris, sepatu, hingga tas pria/wanita.

 

Pencucian Motor

Usaha yang satu ini mungkin jarang dilirik oleh para pebisnis. Namun, perlu diketahui bahwa bisnis pencucian motor ini merupakan bisnis yang menguntungkan loh!

Dengan banyaknya jumlah kendaraan yang ada di Indonesia khususnya motor, memungkinkan bisnis Anda akan berkembang dengan baik. Belum lagi pada saat musim hujan, pasti akan ada banyak orang yang mengantri untuk mencuci kendaraannya di tempat Anda.

Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha pencucian motor ini pun terbilang relatif kecil. Hanya dengan modal di bawah 10 juta saja, Anda sudah dapat menjalankannya. Omset yang dihasilkan pun bisa dibilang cukup menggiurkan. Anda dapat menghasilkan 3-4 juta per bulannya.

 

Membuka Konter Pulsa

Di era digital saat ini, menjadikan perangkat elektronik seperti telepon pintar (smartphone) dan laptop bagian yang tidak bisa lepas dari gaya hidup masa kini. Hampir dari semua kalangan masyarakat, baik dari anak-anak hingga orang tua pun memiliki telepon genggam untuk kegiatan sehari-hari.

Hal ini juga dapat menjadi salah satu peluang bisnis untuk Anda. Karena sekarang penggunaan smartphone, rata-rata membutuhkan koneksi internet. Koneksi internet bisa didapatkan melalui wi-fi, pulsa, dan kuota internet. Dengan demikian, permintaan masyarakat akan ketersediaan pulsa maupun kuota internet semakin tinggi.

Mungkin Anda bertanya-tanya berapa yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini. Modal yang dibutuhkan yaitu kisaran 500an saja. Relatif kecil bukan? Ya tentu saja, dan modal yang Anda keluarkan di awal akan cepat kembalinya.

 

Laundry 

Hidup di zaman generasi milenial saat ini, membuat orang-orang lebih suka hidup praktis. Begitu juga halnya dengan mencuci pakaian. Banyak orang yang berpikir lebih praktis untuk membawa pakaian kotornya ke laundry dibandingkan mencucinya sendiri. Laundry juga dinilai dapat menghemat waktu dan tenaga, terutama bagi para pekerja dan pelajar maupun mahasiswa yang tinggal sendiri. 

Modal yang dikeluarkan untuk membuka usaha laundry ini pun tidak terlalu besar. Anda bisa menjalankan bisnis ini dengan modal sekitar 7 jutaan saja. Modal tersebut digunakan untuk membeli mesin cuci tabung otomatis, dan alat-alat pendukung lainnya seperti setrika, timbangan, plastik, dan lain-lain.

 

Jika Anda merupakan seseorang yang tertarik untuk membuka Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Anda bisa mencoba untuk menjalankan beberapa contoh usaha di atas. Beberapa contoh UMKM tersebut, cocok bagi Anda yang ingin memulai usaha dengan modal yang kecil tetapi cepat balik modal.

Usahakan untuk selalu memprioritaskan pelanggan dalam menjalankan bisnis Anda. Kemudahan dalam bertransaksi pun menjadi hal penting dalam sebuah bisnis. Anda dapat menerapkan sistem pembayaran non-tunai untuk memudahkan dalam bertransaksi. 

 

Solusi yang tepat bagi Anda untuk transaksi non tunai kapan saja, dimana saja yaitu AIQQON. Download aplikasi pembayaran online AIQQON di Playstore, satu aplikasi untuk kembangkan usahamu. Karena yang istimewa, kalah dengan yang selalu ada. Dengan AIQQON, jualan semakin mudah!

 

Referensi

Niagahoster. 10 Ide Usaha Kecil Menengah Terbaik dan Cara Mudah Mengelolanya.

Kolom Satu. 43+ Contoh Usaha Rumahan Modal Kecil yang Sangat Menjanjikan.

Sumber foto: Brooke Lark dari Unsplash.

Customer Service Aiqqon
Halo, selamat datang di AIQQON. Apakah ada yang bisa saya bantu?