5 Ide Bisnis Kreatif Dengan Profit Menjanjikan Saat Bulan Puasa

April 20, 2021

Memasuki bulan Puasa, ada beberapa tradisi dan kebiasaan yang berbeda jika dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Beberapa kebiasaan khas bulan puasa adalah menyiapkan takjil, mengirim parsel, dan membuat kue lebaran. Namun, tidak semua orang  bisa melakukan kegiatan tersebut. Banyak di antara mereka yang memilih jalan pintas yaitu dengan membeli takjil atau parsel yang akan diberikan kepada keluarga dan kerabat dekat. Di sinilah kesempatan Anda yang ingin memulai bisnis di bulan puasa.

 

1.  Bisnis Takjil dan Minuman Segar

Salah satu tradisi yang dilakukan oleh banyak orang ketika bulan Ramadan adalah berburu takjil atau makanan buka puasa. Padatnya aktivitas yang dilakukan dalam sehari membuat tidak semua orang memiliki waktu untuk menyiapkan takjil dan makanan lainnya untuk berbuka puasa.

Melihat kondisi ini, Anda dapat memanfaatkannya dengan berjualan takjil. Menu takjil yang biasa menjadi favorit adalah makanan manis seperti kolak, bubur sumsum, dan kue basah. Selain itu, makanan yang menjadi favorit ketika berbuka puasa adalah gorengan kering atau jajanan pasar seperti risol, pastel, dan tahu isi.

Tidak hanya makanan, berbagai minuman segar pun banyak diburu sebagai menu untuk berbuka puasa. Setelah seharian menahan dahaga, banyak orang yang memilih minuman segar mulai dari yang sederhana seperti es teh atau es jeruk hingga yang lebih variatif seperti es buah atau es campur sebagai pilihan minuman untuk berbuka puasa.

Biasanya, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat berbagai macam makanan ini adalah bahan-bahan yang murah dan mudah ditemukan. Anda butuh menguatkan motivasi dan semangat untuk menjalankan bisnis takjil ini. Berjualannya pun tidak harus membuka lapak di pinggir jalan atau di lapangan komplek rumah Anda. Dengan kecanggihan teknologi, Anda bisa memasarkan jualan takjil dan minuman segar Anda melalui grup-grup di Whatsapp maupun media sosial Anda.

 

2.  Bumbu Masak Instan

Singkatnya waktu yang dimiliki untuk menyiapkan makanan ketika sahur dan berbuka membuat banyak orang memilih makanan atau bumbu makanan yang dapat dimasak dengan cepat. Kondisi ini merupakan peluang bisnis lain yang bisa Anda jalani di bulan puasa. Dengan memiliki bumbu masak instan, waktu yang dibutuhkan untuk memproses suatu masakan pun lebih singkat dan makanan bisa disajikan lebih cepat.

Beberapa masakan yang menjadi favorit ketika bulan puasa seperti rendang, gulai, dan sop akan banyak dipesan sebagai menu untuk sahur dan berbuka. Dengan adanya bumbu masak kemasan dan dapat diolah secara instan, akan memudahkan banyak orang untuk menyiapkan makanannya. Ide bisnis yang satu ini juga tidak memerlukan modal yang cukup besar. Karena Anda akan mengolah bumbu tersebut di satu waktu dan dikemas agar siap langsung disimpan di kulkas untuk periode waktu tertentu. Pastikan agar Anda menggunakan bahan-bahan dengan kualitas yang baik agar bumbu juga dapat bertahan lebih lama.

 

3.  Bisnis Parsel atau Hampers

Sejak pandemi, terbatasnya komunikasi tatap muka membuat kegiatan mengirimkan hampers atau parsel menjadi salah satu solusi agar silaturahmi dengan keluarga dan kerabat tetap terjaga. Berbagai macam jenis barang dan makanan dikemas dengan bungkus yang cantik dan siap dikirim sebagai hampers. Jika dulu pilihan parsel hanya terbatas pada camilan atau snack, saat ini berbagai macam barang seperti peralatan dapur atau bahkan kopi literan sekalipun bisa menjadi parsel.

Untuk menjalankan bisnis parsel atau hampers, Anda perlu mengembangkan kreativitas khususnya dalam proses pengemasan hampers. Tempat yang Anda gunakan untuk meletakkan barang-barang, warna pita yang dipilih, hingga desain kartu ucapan yang bisa dipilih calon konsumen perlu diperhatikan dengan teliti.

Untuk memasarkan bisnis hampers atau parsel ini, Anda dapat melakukannya melalui media sosial dengan memposting foto parsel hasil rangkaian Anda. Sebaiknya akun media sosial Anda tidak dalam kondisi dikunci atau private, agar para calon konsumen dapat melihat katalog berbagai jenis hampers buatan Anda. Gunakan juga hashtag tertentu seperti #hamperslebaran, #parsellebaran, dan lain-lain agar postingan Anda lebih mudah ditemukan oleh calon pembeli. Pastikan juga Anda memberikan informasi yang lengkap dan jelas pada setiap jenis parsel pada setiap postingan dan nomor yang dapat dihubungi untuk pemesanan parsel juga selalu aktif.

 

4.  Bisnis Kue Kering

Lebaran tidak lengkap rasanya tanpa kehadiran kue kering. Berbagai macam kue kering seperti nastar, kastengel, putri salju, dan stik keju menjadi kue kering favorit untuk menemani hari lebaran. Tingginya permintaan akan kue kering ini bisa dimanfaatkan sebagai ide bisnis di bulan puasa mendekati hari lebaran.

Pilih bahan baku berkualitas untuk membuat kue kering agar rasa yang dihasilkan pun lezat. Tentukan juga kemasan yang cantik dan kuat untuk dikirim melalui jalur apapun. Pastikan bahwa Anda mengatur sistem pesanan kue kering tersebut. Apakah pre order atau barang selalu tersedia setiap saat (ready stock).

Jangan lupa untuk membuat materi promosi di media sosial dan grup Whatsapp untuk membuat jualan kue kering Anda laris manis. Buat promo menarik untuk jumlah pemesanan tertentu agar konsumen puas.

 

5.  Ketupat

Makanan lain yang menjadi tradisi di Indonesia adalah ketupat. Namun ternyata, tidak semua orang dapat membuat ketupat dengan bentuk dan tekstur yang pas. Lagi-lagi kondisi ini dapat Anda manfaatkan sebagai ide bisnis saat bulan puasa.

Buat beberapa macam paket untuk jumlah ketupat yang bisa calon konsumen pesan. Semakin jauh hari pemesanan, maka harga yang Anda tentukan pun juga bisa lebih murah. Sebaliknya, semakin dekat hari pemesanan dengan hari raya, maka harga ketupat pun juga lebih tinggi.

Khusus untuk ketupat, pastikan bahwa Anda melayani wilayah yang dapat dijangkau oleh jasa pengiriman instan. Karena akan sangat berisiko jika ketupat dikirim menggunakan jasa pengiriman dengan periode waktu yang panjang. Hal ini dapat memengaruhi kondisi dan kualitas dari ketupat saat diterima oleh konsumen.

Pasarkan bisnis ketupat Anda ini kepada tetangga dan kerabat untuk memesan ketupat yang Anda buat. Lakukan riset tempat membeli sarang ketupat dengan kualitas baik namun harga terjangkau dan beras apa yang akan Anda gunakan saat pembuatan ketupat nanti.

 

Dari ide bisnis kreatif saat bulan puasa yang sudah dijelaskan di atas, jadi bisnis manakah yang akan Anda jalani di bulan puasa tahun ini? Apapun bisnisnya, Anda tidak perlu khawatir akan metode pembayarannya.

 

Saat ini sudah tersedia solusi untuk transaksi non tunai kapan saja, dimana saja. Download aplikasi pembayaran online AIQQON di Playstore, satu aplikasi untuk kembangkan usahamu. Karena yang istimewa, kalah dengan yang selalu ada.

 

Referensi :

Cermati. 12 Peluang Bisnis Menjanjikan di Bulan Ramadhan, Bisa Jadi Jutawan Dadakan

Pojok Bisnis. 15 Peluang Usaha Bulan Puasa Ramadhan yang Paling Prospektif

Sumber foto: Antonio Cansino dari Pixabay.

Customer Service Aiqqon
Halo, selamat datang di AIQQON. Apakah ada yang bisa saya bantu?