5 Karakteristik Pengusaha Sukses, Apa Saja?

May 6, 2021

Menjadi seorang pengusaha, tentu merupakan sebuah perjalanan yang penuh tantangan dan ujian. Jika berbagai macam kondisi dan masalah sudah berhasil dihadapi dan diselesaikan dengan baik, maka Anda bisa jadi seorang pengusaha yang baik, sukses, dan menjadi panutan bagi pengusaha pemula. Terlepas dari bidang usaha apapun yang Anda tekuni, jangan ragu untuk menggunakan aplikasi pembayaran online untuk mempermudah transaksi Anda. Jika saat ini Anda  masih termasuk ke dalam kategori pengusaha pemula, ketahui karakteristik apa saja yang bisa membuat Anda menjadi seorang pengusaha sukses berikut ini. 

 

1. Kreatif dan Inovatif

Menggeluti bidang usaha tidak jauh dari karakteristik kreatif dan inovatif. Pola pikir yang dibutuhkan adalah pola pikir yang terus berkembang dan berinovasi agar dapat menciptakan barang atau jasa yang menjadi solusi yang ada di masyarakat. Seorang pengusaha juga diharapkan dapat berpikir kreatif untuk terus membawa “angin segar” dan perubahan pada dunia wirausaha. Dengan kreativitas dan inovasi, akan selalu hadir produk-produk yang menjadi life changer di kemudian hari. 

Kreativitas tidak terbatas hanya pada pengembangan produk saja, namun juga kreatif dalam melakukan marketing dan penjualan. Bagaimana cara yang harus dilakukan agar produk yang dijual, baik dalam bentuk barang atau jasa, bisa mendapat perhatian dari masyarakat karena keunikan atau keunggulannya hingga akhirnya masyarakat pun berminat untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa yang dibuat oleh penguasa. 

 

2. Semangat dan Motivasi Tinggi

Semangat yang dibutuhkan tidak hanya semangat di awal untuk memulai usaha saja, Semangat belajar dan bekerja dengan tekun dan sabar juga merupakan karakteristik pengusaha sukses. Rasa ingin tahu seorang pengusaha harus selalu tinggi dan mau terus belajar ilmu pengetahuan baru. Baik pengetahuan terkait marketing, kemasan produk, hingga cara memilih bahan baku produk yang baik. 

Semangat tinggi sebagai seorang pengusaha adalah hal yang sangat penting, karena dapat memengaruhi kekuatan dari kegiatan usaha yang dibangun. Tanpa semangat tinggi, seorang pengusaha akan mudah berputus asa jika mengalami kegagalan maupun rintangan sehingga usaha barang atau jasanya pun akan sulit bertahan. Maka dari itu, penting untuk membangun semangat dan motivasi agar etos kerja dalam menjalankan usaha pun terus dalam keadaan baik. 

Agar semangat dan motivasi usaha tetap terjaga, maka disarankan bagi Anda yang ingin memulai usaha untuk memilih bidang usaha yang memang digemari atau setidaknya mau belajar lebih dalam terkait usaha di bidang tersebut. Tanpa adanya dorongan dan motivasi atas pilihan bidang usaha yang diminati, akan sulit bagi para pengusaha untuk mempertahankan bisnis dan terus mengembangkan usahanya. 

 

3. Percaya Diri

Dalam menjalankan usaha, seorang pengusaha wajib untuk memiliki rasa percaya diri agar bisa terus bertahan menjalankan usahanya. Tanpa rasa percaya diri, seorang pengusaha akan mudah goyah dan terpengaruh lingkungan dan tidak fokus dalam menjalankan usaha. Dengan rasa percaya diri, pengusaha tidak akan merasa minder ketika bertemu dengan para pengusaha lain yang sudah sukses terlebih dahulu. Justru pola pikirnya adalah dia akan belajar sebanyak-banyaknya dari pengusaha tersebut dan percaya bahwa suatu saat dia juga bisa sukses. 

Karakter percaya diri juga menjadi penguat jika ada pihak-pihak yang menguji kesabaran dengan meremehkan usaha yang sedang dijalani. Cemoohan yang didapat justru sebagai motivasi dan keyakinan bahwa ia akan terus yakin melangkah sesuai dengan visi misi usaha dan perusahaan yang sudah dibangun.

 

4. Disiplin

Seorang pengusaha perlu menjalankan usahanya dengan disiplin. Taat pada peraturan yang ada, tepat waktu ketika membuat janji dengan rekan bisnis, dan memiliki prinsip yang kuat dalam bekerja. Kedisiplinan akan mengarahkan usaha agar dapat berjalan sesuai dengan target yang telah ditentukan. 

Sikap profesional juga bisa dinilai dari kedisiplinan seseorang. Jika dia tidak dapat menghargai waktu, tidak peduli dengan perusahaan dan karyawan, dan asal-asalan dalam menjalankan bisnis, maka pengusaha tersebut akan jauh dari kata sukses. Perencanaan yang matang juga dibutuhkan agar seorang pengusaha bisa terus disiplin dalam menjalankan usahanya. 

 

5. Jujur

Kebohongan dalam menjalankan usaha dapat membunuh pengusaha dan usaha yang dimilikinya. Jika sempat terjadi krisis kepercayaan pada seorang pengusaha, maka akan sulit baginya menjadi seorang pengusaha sukses. Baik konsumen maupun investor, sama-sama akan kecewa jika dibohongi oleh pengusaha. Jika kebohongan yang pengusaha buat terungkap, maka yang menjadi taruhannya bukan  hanya nama baik perusahaan tapi juga nama baik pengusaha tersebut. Ibarat pepatah mengatakan  “nila setitik, rusak susu sebelanga”, yaitu akibat satu keburukan maka segala kebaikan yang pernah dilakukan pun akan dilupakan. Termasuk pada prinsip kejujuran dalam menjalankan usaha.

 

Setelah nama baik perusahaan tercoreng, maka tidak ada lagi investor yang ingin bergabung dan para partner bisnis yang ingin bekerja sama dengan pengusaha yang tidak jujur. Karakter jujur ini juga harus ditekankan kepada karyawan agar konsumen dan para investor dapat menilai pengusaha tersebut sebagai pengusaha yang juga pandai dalam memimpin. Kejujuran menjadi salah satu nilai perusahaan yang penting untuk dipilih. 

 

Itu tadi 5 karakteristik pengusaha sukses yang bisa Anda ikuti. Terlepas dari bidang usaha apapun yang Anda tekuni, Anda tidak perlu khawatir untuk pilihan metode pembayaran. Saat ini sudah tersedia solusi untuk transaksi non tunai kapan saja, dimana saja. Download aplikasi pembayaran online AIQQON di Playstore, satu aplikasi untuk kembangkan usahamu. Karena yang istimewa, kalah dengan yang selalu ada.

 

Referensi : 

Bisnis. 6 Karakter Pengusaha Sukses. Apakah Anda Memiliki Salah Satunya? Entrepreneur Camp. Miliki 12 Karakter Wirausahawan Sukses Berikut Ini

Stoqo. 15 Sifat yang Dimiliki Pengusaha Sukses, Anda Sudah Punya?

Sumber foto: Pixabay

 

Customer Service Aiqqon
Halo, selamat datang di AIQQON. Apakah ada yang bisa saya bantu?