6 Alasan Mengapa Digital Payment Penting Untuk Bisnis Kamu

July 8, 2021

6 Alasan Mengapa Digital Payment Penting Untuk Bisnis Kamu

 

 

Di era digitalisasi sekarang ini, perilaku masyarakat juga ikut berubah. Salah satunya adalah cara masyarakat menggunakan teknologi untuk memudahkan proses transaksi jual-beli.  Saat ini, proses pembayaran dapat dilakukan menggunakan layanan digital payment. 

 

Di Indonesia, layanan digital payment merupakan teknologi yang memberikan pengalaman berbeda bagi masyarakat untuk melakukan pembayaran secara nontunai. Masyarakat merasa transaksinya lebih praktis, efisien, dan aman menggunakan media elektronik. 

 

Layanan internet banking,mobile banking, atau dompet elektronik (e-wallet) membuat masyarakat lebih nyaman dan mudah dalam melakukan pembayaran digital. Kehadiran digital payment juga tidak memaksa untuk terus menyediakan uang tunai atau mengunjungi ATM untuk melakukan tarik tunai uang agar bisa melakukan transaksi. Selain memudahkan pembeli, dunia bisnis juga diuntungkan lho dengan adanya digital payment ini. Jadi seberapa penting, ya, digital payment untuk sebuah bisnis?

  • Memberi Kemudahan Bagi Pelangganmu

 

Kehadiran digital payment sebagai hasil dari kemajuan teknologi digital, secara tidak sadar mengubah kebiasaan masyarakat dalam bertransaksi. Jika dulu setiap orang harus menyediakan sejumlah uang tunai di dompet untuk berbelanja, kini cukup dengan membawa gawai, berbagai macam transaksi bisa dilakukan. Sebuah bisnis yang menyediakan layanan digital payment dan cashless akan memudahkan konsumen dalam berbelanja produk bisnis Anda. 

  • Bisa Kamu Pakai Untuk Alat Promosi

Demi menarik perhatian pelanggan, tim sales dan marketing bisnis berlomba-lomba membuat promo yang menggiurkan untuk pelanggannya. Metode pembayaran digital dapat menjadi salah satu alat promosi yang membuat pelanggan tertarik untuk membeli produk kamu. Berbagai promosi seperti diskon, beli 1 gratis 1, atau cashback biasanya menjadi program promosi yang akan didapatkan pelanggan jika melakukan pembayaran dengan digital payment. 

 

Semenjak kehadiran berbagai digital payment di Indonesia, antrean panjang pada coffee shop atau department store yang bekerja sama dengan layanan digital payment tertentu bukanlah hal yang asing. Masyarakat akan berlomba-lomba mendapatkan promo menarik yang ditawarkan walaupun harus menggunakan layanan digital payment tertentu. 

 

Dengan kerja sama ini, baik pihak toko atau restoran maupun pihak penyedia layanan digital payment, akan sama-sama diuntungkan karena meningkatnya jumlah konsumen dan pengguna layanan digital payment tersebut. 

  • Mengurangi Penyebaran COVID-19

Kebiasaan masyarakat Indonesia terhadap penggunaan alat pembayaran digital berkembang pesat pada 2019. Ditambah dengan kondisi pandemi yang terjadi dari tahun 2020 lalu hingga saat ini, memaksa semakin banyak masyarakat yang menggunakan layanan digital payment karena dinilai lebih aman jika dibandingkan dengan pembayaran yang dilakukan menggunakan uang tunai. Pertukaran uang dari satu orang ke orang lain dapat menjadi media penyebaran virus COVID-19. Sehingga masyarakat dihimbau untuk menggunakan layanan digital payment. 

  • Transaksi Terjamin

Bisnis yang menyediakan layanan digital payment, akan dimudahkan dalam proses pemeriksaan transaksi yang terjadi. Sebuah penyedia layanan digital payment sudah tentu memiliki sistem yang dapat merekam dan mencatat seluruh transaksi yang terjadi untuk periode tertentu. Kamu sebagai pemilik bisnis, tidak akan pusing lagi mendata berapa pemasukan bisnismu. 

  • Keuntungan Meningkat

Ketika berbelanja, metode pembayaran yang tersedia di toko atau restoran sangat memengaruhi kepuasan pelanggan, Semakin banyak layanan digital payment yang tersedia di toko atau restoran tersebut, maka kemungkinan konsumen akan kembali berbelanja di toko tersebut juga besar. Bahkan, tidak menutup kemungkinan mereka merekomendasikan bisnismu kepada orang-orang yang dikenal sebagai tempat belanja yang nyaman dan mudah dalam pembayaran.

 

Mungkin belum banyak pemilik bisnis yang mengetahui fenomena ini. Namun, dapat dibayangkan jika kamu sedang berbelanja di suatu toko atau restoran, bukankah akan lebih nyaman jika toko atau restoran tersebut menerima berbagai macam jenis digital payment? Konsumen tidak perlu repot menyesuaikan layanan mana yang hanya dimiliki oleh toko atau restoran tersebut. Mereka bisa dengan bebas memilih layanan digital payment mana yang paling nyaman dan menguntungkan bagi mereka. 

  • Hemat Waktu

 

Kecanggihan teknologi pada digital payment juga dapat memangkas waktu yang dibutuhkan untuk sekali transaksi. Dengan metode pembayaran tunai, maka pemilik bisnis harus memeriksa jumlah uang yang diberikan dan tidak lupa menyiapkan uang kembalian. Terkadang, para kasir kesulitan mencari uang kembalian dengan pecahan yang dibutuhkan. Akibatnya, pelanggan harus menunggu lebih lama lagi untuk menyelesaikan transaksinya.

 

Sedangkan, transaksi dengan digital payment hanya perlu waktu yang relatif lebih singkat karena tidak harus menyediakan uang kembalian. Cukup memastikan nominal yang dimasukkan ada mesin digital payment sudah sesuai dengan transaksi konsumen dan voila! Transaksi diproses secepat kilat. 

 

Bagi para pemilik bisnis, yuk mulai sediakan layanan digital payment di tempat bisnis Anda. Saat ini juga sudah hadir solusi untuk transaksi nontunai kapan saja, dimana saja. Download aplikasi pembayaran online AIQQON di Play Store, satu aplikasi untuk kembangkan usahamu. Karena yang istimewa, kalah dengan yang selalu ada.

Customer Service Aiqqon
Halo, selamat datang di AIQQON. Apakah ada yang bisa saya bantu?