6 Keuntungan Punya Bisnis Rumahan Selama Ramadan, Apa Saja?

April 16, 2021

Akibat dampak Covid-19, Ramadan tahun lalu terasa begitu berbeda karena lockdown. Berbeda dengan Ramadan di tahun 2021 ini. Semarak Ramadan lebih terasa karena telah adanya vaksinasi Covid yang membawa perubahan signifikan terhadap dampak Covid 19. Stimulus positif tersebut tidak hanya pada sektor kesehatan saja, tapi hampir pada semua sektor.

Sekarang ini, industri kecil yang sekarang sedang ramai diminati adalah bisnis rumahan. Walaupun terbilang kecil, namun industri rumahan membuktikan bahwa industri ini mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat dan bahkan membuka peluang kerja bagi banyak orang. Itulah mengapa bisnis rumahan adalah industri strategis yang dapat memberikan banyak manfaat.

 

Bulan Ramadan adalah momentum yang sangat tepat untuk memulai bisnis rumahan. Terlebih bisnis rumahan seperti makanan dan minuman berbuka puasa atau sahur, hingga bisnis hampers dan parsel-parsel untuk menyambut lebaran nanti. Peluang terbuka begitu luas, ditambah lagi proses pemasaran dan pencarian target pasar yang semakin mudah dengan bantuan internet. Kini aplikasi pembayaran online yang dapat membantu bisnis-bisnis kecil sudah banyak bermunculan.

Salah satu aplikasi pembayaran online yang cukup populer dan menawarkan banyak kemudahan untuk mengembangkan bisnis rumahan Anda adalah aplikasi AIQQON. Dengan memanfaatkan segala sumber daya yang kini telah tersedia, jangan lagi ragu untuk memulai bisnis rumahan Anda di bulan Ramadan ini. Berikut akan dijabarkan apa saja keuntungan punya bisnis rumahan di bulan Ramadan ini:

 

1.  Waktu Kerja Fleksibel

Tidak seperti bekerja di restoran atau toko yang memakan cukup banyak waktu, bisnis rumahan memiliki waktu yang lebih fleksibel. Anda juga dapat menghemat banyak waktu karena tidak perlu menghabiskan waktu di perjalanan ke toko, atau mempersiapkan meja kursi dll. Karena pada bisnis rumahan Anda bertindak sebagai pemilik, Anda dapat memutuskan sendiri jam kerja Anda.

Apabila Anda punya banyak pesanan, Anda dapat mengatur sendiri strategi manajemen waktunya, dan saat pesanan sedikit pun, Anda dapat lebih fleksibel memanfaat waktu Anda untuk kebutuhan yang lain. Hal ini tentu saja akan sangat menguntungkan bagi ibu-ibu rumah tangga yang ingin mendapat pendapatan lebih, namun tetap bisa berada dirumah dan mengurus kebutuhan rumah tangganya.

 

2.  Sumber Penghasilan Tambahan Keluarga

Dengan bisnis rumahan, Anda tentu saja dapat menambah penghasilan keluarga Anda dari keuntungan yang Anda dapatkan. Dengan bertambahnya sumber penghasilan, tentu saja akan membawa keluarga Anda semakin sejahtera. Tidak hanya untuk kebutuhan rumah tangga, penghasilan tambahan Anda juga dapat Anda gunakan untuk investasi ataupun memperbesar usaha Anda. Hal-hal tersebut tentu saja akan membawa dampak positif bagi perekonomian keluarga Anda, dan secara tidak langsung telah membantu perekonomian negara.

 

3.  Pengeluaran Bisa Diirit

Membuka bisnis rumahan tentu saja dapat menekan banyak pengeluaran yang akan Anda keluarkan. Hal-hal operasional seperti uang sewa tempat, air, listrik, dan lainnya tidak perlu Anda pikirkan lagi, karena sudah digabungkan dengan pengeluaran rumah tangga. Tentu saja hal tersebut akan memberikan Anda keuntungan bisnis yang lebih banyak. Tidak hanya menekan biaya saja, dengan membuka bisnis rumahan Anda juga dapat menghemat tenaga Anda.

Mobilisasi yang rendah dan tidak menuntut Anda untuk berada di beberapa tempat, membuat Anda dapat memaksimalkan peran Anda dalam pekerjaan dan di rumah tangga Anda. Sehingga Anda juga dapat menekan pengeluaran untuk menyewa jasa penjaga anak atau jasa kebersihan rumah. Semua hal tersebut tentu saja akan mengurangi pengeluaran Anda, jika dibandingkan dengan saat Anda bekerja diluar rumah.

 

4.  Prosedur Hukum Yang Lebih Sederhana

Selain modal yang lebih rendah, usaha rumahan mempunyai prosedur yang lebih sederhana. Ini ditegaskan oleh Pasal 6 ayat (1) huruf b UU No. 3 Tahun 1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan. Dalam peraturan ini tertulis bahwa perusahaan kecil perorangan yang dijalankan sendiri oleh pemiliknya, atau hanya mempekerjakan anggota keluarga yang terdekat, serta tidak memerlukan izin dan bukan merupakan suatu badan hukum ataupun persekutuan, tidak wajib mendaftarkan usahanya.

Hal ini didukung juga oleh Pasal 4 ayat (1) huruf c Peraturan Menteri Perdagangan RI No. 46/M-DAG/PER/9/2009 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Perdagangan RI No. 36/M-DAG/PER/9/2007 tentang Penerbitan Surat Izin Usaha Perdagangan, dimana perusahaan dengan skala mikro, tidak wajib untuk memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan. Selain itu, apabila perputaran usaha Anda kurang dari Rp 600 juta/tahun, maka tidak wajib mengukuhkan usaha sebagai PKP (Pengusaha Kena Pajak). Dengan begitu Anda dapat memulai usaha Anda tanpa harus terlalu memusingkan urusan administrasi perizinan dan perpajakannya. Jadi, mulai saja dulu.

 

5.  Tempat Meniti Bisnis Dari Kecil Hingga Besar

Saat Anda memulai bisnis, pasti masih banyak hal yang Anda belum familiar. Tentang manajemen produksi hingga riset pasar dan promosi akan Anda pelajari perlahan-lahan seiring bisnis Anda berjalan. Lebih dari sekadar sumber pendapatan tambahan, bisnis rumahan sebetulnya memberikan peluang sangat besar kepada Anda untuk mengembangkan skill sebagai entrepreneur profesional.

Anda akan melewati banyak trial dan error hingga akhirnya Anda mampu menemukan solusi terbaik dan menerapkannya sebagai standar operasional prosedur bisnis Anda. Dengan begitu, Anda akan mampu mengembangkan skala bisnis Anda secara perlahan-lahan, hingga akhirnya menjadi besar. Maka dari itu, hilangkan keraguan dan segera eksekusikan ide bisnis Anda. Bisa jadi Anda akan lebih sukses dengan merintis bisnis rumahan sendiri.

 

6.  Menjadi Aset Yang Bernilai

Walaupun dirintis dari skala kecil, namun tidak menutup kemungkinan bisnis rumahan Anda akan berkembang dan menjadi besar. Maka, Anda harus menyadari bahwa bisnis Anda merupakan salah satu aset Anda yang bernilai. Nilai tersebut mampu mengalami peningkatan bersamaan dengan semakin baiknya pertumbuhan bisnis Anda di kemudian hari.

Oleh karena itu, bangunlah bisnis Anda secara serius dan terencana dengan baik, agar dapat berkembang dan memberi Anda manfaat-manfaat yang positif bagi keamanan finansial keluarga Anda.

 

Itulah 6 keuntungan punya bisnis rumahan selama Ramadan. Bagaimana? Sudah ada ide yang datang di pikiran Anda? Segera laksanakan!

 

Download aplikasi pembayaran online AIQQON di Playstore, satu aplikasi untuk kembangkan usahamu. Karena yang istimewa, kalah dengan yang selalu ada.

 

Sumber:

Jurnal Entrepreneur. Membuka Usaha di Rumah, Apa Saja Keuntungan dan Kerugiannya?

Modalku. Ini Dia Keuntungan dari Memiliki Bisnis Rumahan.

Liputan 6. Jangan Anggap Remeh, Ini 7 Manfaat Bisnis Rumahan.

Sumber foto: Carter Moose dari Unsplash

Customer Service Aiqqon
Halo, selamat datang di AIQQON. Apakah ada yang bisa saya bantu?