6 Tips Sukses Berjualan Online Saat Pandemi

May 25, 2021

Masa pandemi sudah berjalan setahun lebih, jadi bukan alasan lagi untuk kamu berpangku tangan menunggu “bola”. Salah satu cara jemput bola adalah dengan berjualan online dengan pembayaran non tunai.

 

Kenapa harus online? Ternyata, perilaku belanja masyarakat cenderung berubah dan terjadi peningkatan konsumsi barang selama masa pandemi akibat banyak orang yang online terus di berbagai media sosial.

 

Apa saja sih yang bisa kamu jual? Mulai dari kebutuhan bahan makanan, pakaian, barang elektronik, hingga perlengkapan rumah. Untuk menghadapi konsumen selama bulan pandemi pun juga ada tips khusus yang bisa mengantarkan kamu sukses berjualan online saat pandemi. Apa saja ya tipsnya?

 

  • Pilih Produk Yang Paling Banyak Dicari 

Minat masyarakat terhadap barang-barang selama bulan pandemi dapat dikatakan berubah mulai dari awal pandemi hingga saat ini. Di awal bulan pandemi, masyarakat cenderung mencari makanan yang jenisnya ready to cook atau siap masak, hal ini karena banyak dari kita yang belum bisa masak tapi mau mencoba mengirit dengan masak di rumah. 

 

Makanan siap masak biasanya sudah diolah setengah matang oleh penjual sehingga pembeli hanya tinggal menggoreng atau mengukusnya saja. Oleh karena itu, di awal bulan pandemi kamu bisa mulai menjual masakan ready to cook seperti ayam goreng, rendang, siomay, dimsum, atau bakso. 

 

Memasuki pertengahan pandemi, masyarakat mulai mencari berbagai macam jenis parsel atau yang saat ini lebih sering disebut hampers. Untuk menjaga silaturahmi dan hubungan baik dengan kerabat dan sanak saudara, banyak masyarakat yang mengirimkan hampers kepada orang-orang tersayang.

 

Barang-barang yang bisa jadikan hampers pun beragam. Mulai dari parfum, sabun, kue basah atau kering, puding, hingga  peralatan masak. Kunci dari hampers yang banyak diminati oleh masyarakat adalah harga yang terjangkau, barang yang bermanfaat, dan kemasannya yang menarik. 

 

  • Percantik Toko Online

Tampilan toko online termasuk harus terlihat cantik dan menarik agar calon pembeli bisa dengan mudah menemukan barang yang mereka inginkan dan mendapatkan informasi terkait produk tersebut. Warna foto yang tidak mencolok, caption pada katalog yang berisi informasi terkait harga, ukuran barang, dan pilihan warna juga dapat dibaca dengan baik. 

 

Hindari penggunaan kalimat yang bertele-tele dalam penjelasan produk. Jika ingin menggunakan bingkai pada foto produk, pastikan bingkai tersebut tidak mengganggu foto produk yang sebenarnya menjadi fokus pada toko online kamu.

 

  • Aktifkan Promo Bebas Ongkir

Saat ini, berbagai macam marketplace terus menyediakan fasilitas gratis ongkir kepada para penggunanya. Namun, fasilitas ini juga membutuhkan kontribusi dari pemilik toko online. Para pemilik toko harus mengaktifkan promo bebas ongkir tersebut, agar calon pembeli mendapatkan potongan biaya dengan nominal tertentu untuk jasa pengiriman barang yang mereka beli. Fasilitas bebas ongkir hingga saat ini masih menjadi promo yang mengikat banyak calon pembeli di berbagai marketplace dan e-commerce.

 

  • Upload Foto Terbaik Produk

Media sosial toko online kamu dapat memengaruhi keputusan calon pembeli untuk berbelanja. Pastikan setiap foto, baik yang kamu publish di media sosial maupun foto katalog adalah foto yang terlihat jelas dan tidak blur. Detail pada foto juga memengaruhi minat calon pembeli untuk melihat foto yang kamu posting. 

Khusus media sosial Instagram, buat juga tampilan feeds menggunakan warna-warna senada dan berkombinasi. Tampilan feeds yang menarik akan membuat calon pembeli betah berlama-lama melihat akun online shop kamu. 

 

  • Lakukan Promosi Lewat Media Sosial

Manfaatkan berbagai macam fitur iklan yang ada di e-commerce dan media sosial saat ini. Jika kamu sudah mengatur tampilan toko yang cantik, maka kamu juga akan percaya diri untuk mempromosikan media sosial toko kamu. 

 

Seperti di Instagram, kamu bisa memanfaatkan fitur Instagram Ads, yaitu fitur yang diberikan kepada para pemilik usaha online agar dapat memasang iklannya di Instagram.

 

Iklan yang ingin ditampilkan pun beragam, antara iklan di Instagram Story atau di Instagram feeds. Nanti tentunya kamu akan dikenakan biaya untuk pemasangan iklan ini. kamu bisa mengatur pengguna Instagram yang bagaimana yang bisa melihat dan mendapatkan iklan toko kamu. 

 

Apakah hanya perempuan atau laki-laki atau keduanya, berapa rentang usia pengguna yang diinginkan, dimana domisili tempat tinggal pengguna Instagram tersebut, dan lain-lain.  

 

Tidak hanya di media sosial, beberapa e-commerce saat ini juga sudah memiliki fitur iklan yang bisa dimanfaatkan oleh para pemilik toko online. Iklan produk tersebut akan muncul pada saat pengguna mencari produk dengan kata kunci tertentu, atau ketika pengguna sedang melihat produk yang direkomendasi untuknya berdasarkan riwayat pencarian kata kunci barang yang diinginkannya. 

 

Baik iklan yang dilakukan di media sosial maupun e-commerce keduanya sama-sama berpotensi meningkatkan kesadaran dan pengetahuan pengguna terhadap toko online dan produk yang kamu jual. 

 

  • Pilih AIQQON untuk terima pembayaran

 

Berjualan secara online dapat meningkatkan potensi datangnya konsumen dari berbagai macam wilayah, tidak hanya di dalam negeri namun juga di luar negeri. Untuk metode pembayarannya, konsumen dan penjual akan sama-sama dimudahkan dengan transaksi nontunai dengan aplikasi pembayaran online di toko kamu. 

 

Sehingga kamu dan pelanggan tidak terbatas untuk melakukan transaksi dan bisa bertransaksi kapan saja dan dimana saja. AIQQON adalah jawaban untuk kamu dalam kembangkan bisnis online-mu. Yuk, raih keuntungan berbisnis di  masa pandemi dengan download AIQQON sekarang! Tersedia di Playstore. 

Customer Service Aiqqon
Halo, selamat datang di AIQQON. Apakah ada yang bisa saya bantu?