7 Alat Pembayaran nontunai Populer di Indonesia, Apa Saja?

June 25, 2021

7 Alat Pembayaran nontunai Populer di Indonesia, Apa Saja?

Kamu anak millennial? Pasti tidak asing lagi dengan istilah cashless yang saat ini sangat populer. Cashless adalah alat pembayaran nontunai yang biasa digunakan untuk melakukan berbagai transaksi keuangan. Apa saja dan bagaimana fungsi dari masing-masing bentuk pembayaran nontunai tersebut?

Jika kamu ingin penasaran dengan sistem pembayaran nontunai serta penjelasan secara lengkap, maka berikut ini beberapa jenis alat pembayaran yang termasuk dalam nontunai:

1.  Kartu ATM (Debit)

Saat kamu memasuki usia dewasa, kamu pasti sudah mengenal kartu ATM yang merupakan salah satu alat pembayaran yang nontunai. Kamu bisa memiliki kartu ATM jika menjadi nasabah dan memiliki simpanan di suatu bank.

Pada jaman dahulu, nasabah bank harus pergi ke kantor cabang terdekat bila ingin menabung atau menarik tabungan dengan membawa buku tabungan sebagai tanda kepemilikan. Namun sejak hadirnya kartu ATM, semua transaksi keuangan dapat dengan mudah dilakukan tanpa harus pergi ke bank.

Kamu bisa menggunakan kartu ATM untuk melakukan transfer sesama bank atau antar bank, menarik tunai uang tabungan di mesin ATM, dan juga melakukan pembayaran dengan hanya menggesek kartu ATM pada mesin EDC.

2.  Kartu Kredit

Kartu kredit merupakan alat pembayaran nontunai yang mirip dengan kartu ATM, bedanya kamu perlu mengajukan pembuatan kartu kredit terlebih dahulu kepada bank. Kartu kredit hanya dapat digunakan untuk melakukan pembayaran saja, jadi kamu tidak bisa melakukan transfer menggunakan kartu kredit.

Cara kerja kartu kredit adalah kamu akan berhutang dengan bank untuk melakukan pembayaran atau transaksi. Lalu kamu dapat membayar kembali kepada bank secara kontan maupun cicilan di kemudian hari. Tapi kamu akan dikenakan bunga pada setiap pinjaman menggunakan kartu kredit yang digunakan.

3.  Electronic Money (e-money)

Saat ini sebagian besar pengguna jalan tol harus menggunakan GTO (Gerbang Tol Otomatis) dimana para pengguna harus memiliki e-toll. E-toll adalah salah satu produk dari electronic money atau e-money yang juga merupakan pembayaran nontunai.

E-money memiliki bentuk fisik yang sama dengan kartu ATM maupun kartu kredit, hanya saja penggunaannya terbatas. E-money hanya dapat digunakan pada merchant yang menyediakan mesin EDC. Lalu kamu harus mengisi saldo e-money dalam jumlah tertentu agar dapat digunakan.

4.  Electronic Wallet

Smartphone menjadi salah satu barang elektronik yang umum digunakan, tidak hanya untuk berkomunikasi melalui telepon atau pesan tetapi juga dapat digunakan untuk berbagai hal.  Tidak terkecuali untuk melakukan transaksi keuangan menggunakan e-wallet.

E-wallet seperti halnya kartu debit hanya saja tidak memiliki bentuk fisik melainkan berbentuk aplikasi yang dapat diinstall pada smartphone kamu. Kamu juga perlu mengisi saldo untuk dapat menggunakan e-wallet untuk berbagai keperluan transaksi baik menggunakan mesin EDC maupun tanpa EDC.

5.  Internet Banking

Sejak hadirnya smartphone dengan segala teknologi yang dimiliki, tidak heran jika semua aktivitas kita menjadi mudah dan lebih praktis. Internet banking adalah sebuah inovasi yang dilakukan oleh pihak bank untuk mempermudah para nasabahnya.

Internet banking adalah pembayaran nontunai yang dapat diakses secara online. Kamu dapat menggunakan hak nasabah bank seperti transfer, mengecek saldo, atau melakukan pembayaran melalui smartphone. Seperti namanya, kamu harus terhubung ke internet untuk mengakses internet banking.

6.  Mobile Banking

Mobile banking hampir sama dengan internet banking, namun bedanya kamu perlu menginstall aplikasinya terlebih dahulu. Meski demikian, mobile banking jauh lebih praktis daripada internet banking, dan juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang mudah untuk digunakan.

7.  Kwitansi Transfer (wesel)

Kwitansi transfer atau wesel dikeluarkan oleh bank sebagai bukti pembayaran atau transfer yang dilakukan di luar kota dan ditagihkan kepada bank penerima transfer. Penerima transfer harus menandatangani wesel agar dapat mencairkan dana yang dikirimkan.

Kuitansi transfer merupakan pembayaran nontunai berbasis warkat. Warkat adalah surat berharga dan resmi yang dikeluarkan oleh pihak bank kepada nasabah. Warkat digunakan sebagai bukti pembayaran dan dilengkapi juga dengan fasilitas rekening Koran atau giro.

Demikianlah 7 alat pembayaran nontunai yang perlu kamu ketahui, tentu saja semua alat pembayaran memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nah kamu sudah punya alat pembayaran nontunai yang mana saja nih? Atau kamu sudah pernah menggunakan semuanya?

Download aplikasi pembayaran online AIQQON di Play Store, satu aplikasi untuk kembangkan usahamu. Karena yang istimewa kalah dengan yang selalu ada.

Customer Service Aiqqon
Halo, selamat datang di AIQQON. Apakah ada yang bisa saya bantu?