7 Hal yang Harus Dimiliki Seorang Makeup Artist

April 8, 2021

Profesi Make Up Artist (MUA) menjadi salah satu profesi yang populer di kalangan generasi milenial beberapa tahun belakangan ini. Banyaknya beauty vlogger yang wara-wiri di seluruh platform internet, serta segala tutorial makeup dari yang mudah hingga yang rumit menambah ketertarikan orang-orang untuk mulai menekuni bidang profesi ini. Tapi, untuk para pemula, sebenarnya apa saja sih hal yang harus dimiliki jika ingin menjadi seorang MUA? Yuk temukan jawabnya dibawah ini:

 

1.  Ketertarikan atau Passion

Untuk para pemula yang mulai berpikir untuk memilih MUA sebagai profesinya, ada baiknya untuk memastikan ketertarikan dan passion kepada diri sendiri terlebih dulu sebelum terjun. Memastikan hal-hal tersebut sebelum memulai sesuatu adalah hal yang penting, karena dengan begitu Anda akan melakukan pekerjaan tersebut dengan lebih bergairah dan akan bertahan lebih lama. Memiliki rasa ketertarikan yang minim, biasanya akan membuat Anda lebih mudah menyerah ketika melakukan suatu hal yang baru.

 

2.  Fisik dan Mental yang Kuat

Menjadi MUA tidak seperti bekerja menjadi karyawan kantor yang waktu kerjanya sudah ditentukan. Menjadi MUA artinya Anda harus siap bekerja mengikuti jadwal kebutuhan klien. Seringkali seorang MUA harus bekerja subuh-subuh atau bahkan dari larut malam dan terus berlanjut hingga keesokan harinya. Hal ini tentu saja membuat profesi MUA tidak hanya membutuhkan keahlian, tetapi juga membutuhkan fisik dan mental yang kuat.

Seorang MUA harus mampu berdiri berjam-jam saat sedang merias kliennya, itulah mengapa seorang MUA harus mampu menjaga tubuhnya tetap fit dan cukup istirahat. Tidak jarang pula, seorang MUA juga harus menghadapi berbagai macam karakter serta ekspektasi klien yang mungkin cukup menguras mental. Oleh sebab itu mempersiapkan diri secara fisik dan mental sangat penting bagi seorang MUA.

 

3.  Pilihlah Produk Makeup Dengan Bijak

Tidak hanya harus mempersiapkan diri saja, seorang MUA juga harus memiliki starter pack untuk dapat memulai pekerjaannya. Starter pack itu adalah alat-alat makeup dan produk-produk makeup yang akan digunakan untuk merias. Kini, ada begitu banyak pilihan produk dan alat makeup di berbagai tempat, Anda dapat memilih dari berbagai macam brand lokal maupun brand luar negeri. Mencarinya pun sekarang sudah sangat mudah, semua kini dapat dilakukan secara online. Berbagai macam review dan testimoni konsumen dapat juga dijadikan bahan pertimbangan saat berbelanja online. Hal ini tentu saja dapat membantu Anda untuk menentukan alat dan produk makeup yang akan Anda gunakan.

Dengan segala kemudahan-kemudahan ini, Anda sebagai MUA pemula diharapkan bijak dalam memilih produk dan alat make up sebelum memutuskan untuk menerima klien. Pastikan anda memilih peralatan yang memang berkualitas dan tahan lama, sehingga anda tidak perlu berulang-ulang menggantinya dan menimbulkan cost yang berlebihan. Begitu pula dengan produk makeup yang akan digunakan, sebaiknya gunakan produk yang terjamin original dan aman, sehingga tidak akan menimbulkan alergi atau efek lainnya yang tidak diinginkan pada klien.

 

4.  Latihan, Latihan, Latihan

Seperti ada pepatah yang mengatakan “practice makes perfect”, latihan adalah kunci dari untuk dapat melakukan sesuatu semakin sempurna. Kita bisa karena biasa. Semakin banyak jam terbang yang dilakukan melalui latihan yang rutin, maka semakin baik pula kemampuan seorang MUA dalam merias.

Dari latihan, seorang MUA dapat mengetahui kelebihan dan kekurangannya, sehingga dapat terus memperbaiki diri dan menyempurnakan hasil yang diinginkan oleh klien. Jangan lupa juga untuk terus meminta feedback sebanyak-banyaknya, karena kritik dan saran yang membangun akan membantu Anda untuk terus memperbaiki kemampuan Anda.

 

5.  Terus Belajar

Apabila Anda sudah cukup yakin dengan kemampuan Anda, sebaiknya jangan cepat puas. Tetap belajar dari berbagai sumber sebanyak-banyaknya. Anda dapat mengikuti kelas profesional, mempelajari hasil-hasil make up dari MUA atau Beauty Guru, melihat majalah-majalah fashion, dan banyak cara lainnya yang dapat menambah wawasan Anda tentang dunia MUA. Trend make up berubah dengan sangat cepat, maka dari itu sebagai calon MUA, Anda harus terus membuka diri untuk terus belajar.

Kini dengan begitu banyaknya make up class yang dibuka secara online dan offline membuat akses untuk belajar menjadi semakin mudah. Setiap kelas-kelas makeup tersebut pun juga sering memberikan sertifikat keikutsertaan yang nantinya juga dapat digunakan untuk menambah kualifikasi Anda dalam bidang ini. Jadi, jangan takut untuk terus mengembangkan diri dan tetap terus belajar.

 

6.  Personal Branding

Personal Branding adalah proses memasarkan diri dan karier melalui suatu citra atau karakter yang dibentuk untuk khalayak umum. Citra tersebut lalu dipresentasikan lewat berbagai jalur seperti media sosial, blog, situs web pribadi, hingga perilaku di depan umum. Layaknya produk atau jasa, personal branding memberi gambaran tentang pengalaman yang akan didapatkan konsumen ketika berinteraksi dengan pemilik brand. Selain skill yang baik, seorang MUA juga diharapkan memiliki personal branding yang juga baik.

Membangun personal branding dapat dilakukan dari hal-hal yang sederhana namun profesional, seperti tepat waktu, komitmen, dan tentu saja attitude yang baik. Hal-hal tersebut akan membuat personal branding Anda menjadi kuat, dengan terus meningkatkan skill serta keunikan, maka Anda pasti akan memiliki personal branding yang semakin kuat.

 

7.  Pasarkan Skill Anda Secara Online

Internet datang berbagai macam manfaat yang luar biasa. Salah satunya adalah membuka pasar digital yang jauh lebih massive dibanding pasar manapun. Dengan menggunakan internet, Anda dapat dengan mudah memasarkan produk atau jasa Anda kepada masyarakat luas, dan bahkan dapat dilakukan secara gratis melalui platform-platform sosial media dan aplikasi-aplikasi pasar digital. Salah satu aplikasi pembayaran online untuk hal ini adalah AIQQON.

 

Aplikasi AIQQON tidak hanya membantu proses transaksi nontunai Anda, tapi juga menyediakan layanan yang dapat membantu Anda mengelola serta memperbesar potensi usaha Anda. Selain cara mendaftarkan bisnis digital yang sangat mudah, AIQQON juga dapat membantu pemasaran dan transaksi bisnis Anda dengan menyediakan fitur-fitur yang tidak hanya menguntungkan bagi Anda, tapi juga bagi pelanggan dan calon pelanggan Anda nantinya.

 

Solusi untuk transaksi non tunai kapan saja, dimana saja. Download aplikasi pembayaran online AIQQON di Playstore, satu aplikasi untuk kembangkan usahamu. Karena yang istimewa, kalah dengan yang selalu ada.

 

Sumber:

Teen Vogue. How to Become a Makeup Artist.

AIQQON. Aktifkan Toko Onlinemu Sekarang.

Sumber foto: Diao Darius dari Unsplash.

Customer Service Aiqqon
Halo, selamat datang di AIQQON. Apakah ada yang bisa saya bantu?