7 Jenis Usaha Dengan Modal Kecil, Apa Saja?

April 13, 2021

Apakah Anda merupakan salah satu orang yang tertarik untuk membuka usaha tapi tidak punya modal yang besar? Nah, pada artikel kali ini, kami akan membahas apa saja jenis usaha dengan modal kecil sehingga Anda bisa mencobanya.

Seiring berkembangnya zaman, kebutuhan pun semakin meningkat. Demi memenuhi kebutuhan sehari-hari yang semakin tinggi, maka Anda harus jeli dalam melihat peluang usaha untuk menambah penghasilan Anda.

Namun, biasanya seseorang takut untuk memulai usaha karena terhambat oleh modal usaha yang besar. Tapi Anda tidak usah takut, sekarang banyak jenis usaha yang tidak memerlukan modal yang besar. Dengan modal yang relatif kecil pun Anda sudah bisa menjadi pemilik usaha. Supaya usaha Anda tidak ketinggalan zaman, Anda juga perlu memakai aplikasi pembayaran online guna memudahkan transaksi.

 

Ayo simak ulasannya berikut ini agar Anda bisa langsung mempraktekkannya!

 

1.  Bisnis Online Shop

Jika Anda berpikir bahwa setiap usaha membutuhkan lokasi sebagai toko atau tempat berjualan, maka Anda salah. Anda harus mencoba bisnis yang satu ini, karena Anda tidak perlu lagi memikirkan soal modal untuk mendirikan tempat usaha. Cukup di rumah saja Anda sudah bisa menjalankan bisnis ini.

Di zaman yang serba digital saat ini, memudahkan setiap orang dalam melakukan pekerjaannya. Tidak terkecuali halnya dalam membuka usaha bisnis toko online, Anda hanya perlu bermodalkan perangkat elektronik seperti ponsel genggam dan laptop yang Anda miliki. Jangan lupa untuk memanfaatkan media sosial dan marketplace yang tersedia untuk memasarkan produk Anda.

Baca Juga : 4 Alasan UMKM Go Digital Bisa Menguntungkan Bisnis Anda

 

2.  Usaha Kue Rumahan

Jika Anda adalah seseorang yang gemar membuat kue, Anda bisa menjadikan kegemaranmu itu untuk berbisnis. Bisnis yang satu ini tidak membutuhkan modal yang besar, hanya memerlukan skill yang Anda miliki dan tentunya peralatan untuk membuat kue saja. Tentunya ada saja peralatan yang dijual dengan harga yang cukup mahal. Tapi Anda tidak perlu khawatir, cukup siapkan saja peralatan utama seperti timbangan, mixer, dan oven Anda sudah dapat menjalankan bisnis Anda.

Anda bisa menjual berbagai jenis kue tentunya, dari mulai kue ulang tahun, cupcake, macam-macam kue kering, ataupun kue basah. Bisnis yang satu ini terbilang cukup menjanjikan, karena pada umumnya jika ada acara ulang tahun, arisan atau kumpul keluarga, mereka akan memesan kue sebagai suguhannya. Agar mampu bersaing dengan kompetitor lainnya, maka Anda harus memperhatikan kualitas rasa dan jangan lupa untuk selalu berinovasi.

 

3.  Bisnis Katering

Sama halnya dengan usaha kue rumahan, bisnis katering ini merupakan bisnis yang bergerak di bidang kuliner yang skill atau kegemaran memasak Anda menjadi modal utamanya. Tidak perlu menyewa ruko sebagai tempat produksi, Anda bisa memanfaatkan rumah dan seluruh peralatan memasak yang ada di rumah, Anda sudah bisa menjalankan bisnis katering ini.

Bisnis katering ini biasanya dilirik oleh orang-orang yang membutuhkan makanan dalam jumlah besar untuk acara seperti acara pernikahan, arisan, dan lain-lain. Katering juga banyak diminati oleh para pekerja millennials sebagai bekal makanan, yang tidak memiliki banyak waktu untuk memasak. Jika Anda ingin berinovasi, jangan lupa untuk menambahkan variasi pada menu, seperti menu makanan diet ataupun menu vegetarian.

 

4.  Bisnis Aksesoris

Seiring berkembangnya tren fashion wanita, kita juga harus jeli dalam melihat peluang bisnis. Kurang lengkap rasanya bila seorang wanita tidak memakai aksesoris, apalagi saat pergi menghadiri acara-acara tertentu aksesoris berguna untuk menunjang penampilanmu.

Aksesoris dapat berupa anting, kalung, gelang, cincin, bros, dan lain-lain. Aksesoris juga disukai oleh berbagai kalangan usia dari anak-anak, remaja, ibu-ibu, hingga wanita lansia juga gemar memakai aksesoris. Maka dari itu, menjual aksesoris wanita menjadi salah satu peluang bisnis yang dapat Anda pilih.

Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang besar untuk memulai bisnis ini, karena selain bahan bakunya mudah didapat harganya juga relatif murah. Apabila Anda tidak memiliki keterampilan dalam membuat aksesoris, tidak usah khawatir Anda bisa mempelajarinya secara otodidak melalui kursus atau online platform yang ada.

 

5.  Jasa Laundry Sepatu

Sebagian besar orang pasti memiliki sepatu, namun tidak semua orang yang memiliki sepatu punya niat untuk membersihkannya. Nah maka hadirlah inovasi bisnis pencucian sepatu ini. Anda bisa mencoba peluang bisnis yang satu ini, karena modal yang diperlukan tidak terlalu besar. Hanya dengan modal ratusan ribu, Anda bisa mendatangkan omset jutaan rupiah per bulannya. Bisnis ini sangat cocok untuk Anda yang ingin memulai bisnis tapi modalnya terbatas.

 

6.  Menjadi Penulis Online

Apabila Anda adalah seseorang yang gemar menulis, hal itu juga bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan loh! Anda bisa menjadi seorang penulis online, tanpa menggunakan modal sekalipun. Bisnis yang satu ini bisa Anda jalankan dimana saja dan kapan saja dengan laptop yang Anda punya.

Anda dapat memilih untuk menjadi penulis online secara penuh atau paruh waktu. Anda juga bisa mendapatkan informasi terkait dengan project yang tersedia di berbagai online platform yang ada.

 

7.  Wedding Organizer (WO)

Jika Anda merupakan pribadi yang terorganisir dan teliti serta senang dalam mengatur sebuah acara, maka Anda adalah orang yang tepat untuk menjalankan sebuah bisnis wedding organizer.

Anda pasti berpikir bahwa untuk memiliki sebuah WO membutuhkan modal yang besar, namun nyatanya tidak. Lantas dari mana modalnya berasal? Sumber keuangan utama dari WO yaitu berasal dari kliennya. Maka yang perlu Anda persiapkan adalah pengalaman untuk mengatur sebuah acara serta relasi yang kuat dengan para vendor yang akan membantu melengkapi setiap detail acara.

 

Nah itu dia 7 rekomendasi usaha dengan modal kecil, kami harap Anda bisa menjalankan salah satu dari beberapa bisnis di atas. Dan untuk setiap transaksi non-tunai Anda, jangan lupa untuk selalu menggunakan AIQQON sebagai salah satu aplikasi pembayaran online. Dengan AIQQON segala jenis transaksi Anda akan menjadi lebih mudah.

 

Solusi untuk transaksi non tunai kapan saja, dimana saja. Download aplikasi pembayaran online AIQQON di Playstore, satu aplikasi untuk kembangkan usahamu. Karena yang istimewa, kalah dengan yang selalu ada.

Sumber foto: Pixabay

Customer Service Aiqqon
Halo, selamat datang di AIQQON. Apakah ada yang bisa saya bantu?