8 Cara Mendapatkan Keuntungan Maksimal

June 2, 2021

Bisnis sudah dibuka dan sudah mulai berjalan, pelanggan mulai datang dan segala kegiatan operasional resmi dimulai. Tapi, kenapa keuntungannya tidak sesuai ekspektasi ya? Kenapa penjualannya masih kurang maksimal? Kalau begini terus kapan bisa balik modal, ya? Padahal pengennya bisa buka cabang baru dalam beberapa tahun. 

Kejadian dan pertanyaan-pertanyaan diatas pernah juga kah muncul di benak kamu saat baru merintis bisnis? Atau malah bisnis kamu sudah jalan beberapa waktu dan masalah tersebut belum teratasi? Atau bahkan bisnis kamu justru sudah berada di ujung tanduk situasinya?

Dunia bisnis memang tidak semudah bayangan. Ada yang sukses, namun tidak sedikit pula yang gagal. Orang-orang yang sukses dalam bisnisnya pasti juga pernah mengalami krisis di dalam bisnisnya yang membuat mereka harus memutar otak agar tidak harus menghadapi kerugian apalagi kebangkrutan. 

 

Bagaimana sih membuat bisnis semakin berkembang dan mendapatkan keuntungan maksimal? Dibawah ini kita akan sama-sama membahas 8 cara mendapatkan keuntungan maksimal dalam bisnis.

1.) Rencanakan Strategi Bisnis

Ya. Bisnis itu perlu strategi. Kalau asal-asalan, jangan berharap bisnis bisa bertahan lama. Maka dari itu, sebagai pebisnis yang baik, mulailah melakukan review menyeluruh pada bisnis kamu mulai dari pengeluaran terkecil hingga pengeluaran terbesar, seluruh transaksi dana masuk dan keluar, dan evaluasi strategi pemasaran yang telah dilakukan serta dampaknya pada penjualan. 

Sebenarnya ada banyak lagi yang harus dievaluasi, jadi sebisa mungkin lakukanlah evaluasi secara menyeluruh agar kamu bisa menemukan kelemahan dan kekuatan dari bisnis kamu setelah berjalan beberapa waktu. 

Dengan mengetahui kelemahan dan kelebihan bisnis kamu, kamu dapat lebih mudah dalam menyusun strategi yang lebih tepat kedepannya.

 

2.) Tentukan Target Pasar

Ini tidak kalah penting juga, karena jika kamu mampu membaca target pasar kamu, maka kamu akan lebih mudah menemukan strategi pemasaran yang lebih baik. 

Mulai perhatikan dan review identitas dari mayoritas pelanggan kamu ada seperti, umur, gender, pekerjaan, dan lain-lainnya yang menurut kamu berpengaruh dengan pola belanja mereka di tempat kamu. 

Setelah kamu dapat mengerucutkannya, maka kamu dapat menjadikan mereka sebagai target pasar utama kamu. Sesuaikanlah strategi bisnis kamu dengan permintaan, sehingga kamu dapat menawarkan produk kamu secara maksimal

 

3.) Kenali Kompetitor

Ya, dunia bisnis sangat besar. Penawaran akan meningkat seiring dengan peningkatan permintaan. Maka dari itu, apabila kamu ada di sektor bisnis yang cukup menjamur, maka usahakanlah untuk mengenali kompetitor kamu sebaik-baiknya. 

Karena kompetitor tidak selalu membawa pengaruh buruk, kamu dapat menggunakan kompetitor juga sebagai pemacu kamu untuk semakin giat dan kreatif lagi dalam memajukan bisnis kamu. 

Dengan mengenali kompetitor kamu, kamu dapat membandingkan kekuatan dan kelemahan bisnis kamu dan melakukan perbaikan dan pemaksimalan dari sana.

 

4.) Miliki Kualitas Produk yang Baik.

Ini adalah salah satu teknik pemasaran terbaik. Let the product market itself. Produk yang berkualitas akan mampu memasarkan dirinya sendiri. Karena kepuasan pelanggan akan produk yang mereka beli, akan membuat pelanggan secara otomatis membanggakan, menceritakan, dan memasarkan produk tersebut dengan testimoni mereka sendiri. Dan testimoni atau kesan pelanggan adalah faktor yang sangat penting yang dapat menaikkan nama sebuah brand dan produk-produknya.

 

5.) Kembangkan Inovasi dan Kreativitas

People change. Sebuah frasa yang tepat untuk menggambarkan mengapa inovasi itu sangat penting dilakukan di berbagai aspek kehidupan. Karena manusia pasti secara dinamis akan terus berubah-ubah. Jika dulu kebutuhan manusia hanya sebatas ponsel untuk menelepon dan bertukar pesan, kini ponsel telah dapat membantu memudahkan berbagai hal di hidup manusia. 

Itulah mengapa kreativitas menjadi faktor yang sangat penting untuk tidak tertinggal dari pesatnya perkembangan dunia ini. Teruslah berinovasi dan buat gebrakan-gebrakan yang baru dan menyegarkan untuk menarik minat pembeli dan mempertahankan minat tersebut.

 

6.) Lakukan Promosi Online dan Offline

Jika dulu promosi produk hanya dapat dilakukan secara offline dan memakan banyak biaya, kini kamu dapat melakukan promosi secara online dan offline untuk menjangkau target pasar yang lebih luas. 

Kedua cara tersebut sama baiknya, itulah mengapa jika mampu memaksimalkan keduanya, maka kamu hampir pasti mampu memperkenalkan produk kamu ke lebih banyak orang dan meningkatkan jumlah permintaan konsumen. 

Kamu dapat melakukan promosi offline di sekitar daerah bisnis kamu untuk menjangkau pelanggan yang lokasinya terbilang dekat, dan lakukanlah promosi online untuk menjangkau pelanggan yang lokasinya lebih jauh dan lebih luas. Dengan langkah promosi yang baik, kamu akan mampu memperluas target pasar kamu dan meningkatkan penjualan bisnis kamu.

 

7.) Memperhatikan Biaya yang Dikeluarkan

Selalu perhatikan aliran dana yang masuk dan keluar. Seringkali sebuah bisnis terlalu fokus pada pengeluaran-pengeluaran besar hingga tidak sadar bahwa pengeluaran kecil pun dapat menimbulkan kerugian yang lumayan. 

Itulah mengapa penting untuk memperhatikan setiap biaya yang dikeluarkan untuk hal apapun terkait operasional. Karena jika kamu mampu mengevaluasi setiap detil pengeluaran, kamu juga dapat melakukan efisiensi pendanaan yang dapat berdampak langsung dalam memaksimalkan keuntungan bisnis kamu.

 

8.) Investasikan Pendapatan

Nah ini dia hal yang sering kali diabaikan banyak pebisnis. Padahal hal ini adalah salah satu cara yang paling baik untuk membuat keuntungan kamu semakin meningkat. Dengan menginvestasikan dana kamu, kamu dapat mengamankan nilai dana kamu dari laju inflasi yang pasti akan terjadi setiap tahunnya.

Investasi membuat dana yang kamu miliki tidak hanya diam di tabungan, namun mampu berputar dan bahkan bertumbuh dan mengalami peningkatan. Maka dari itu mulailah untuk mengenali instrumen investasi yang paling cocok untuk kamu dan bijaklah dalam mengelola dana yang kamu miliki.

Itulah 8 cara untuk memaksimalkan keuntungan bisnis kamu. Mulailah pelan-pelan dari hal yang paling mudah yang dapat kamu lakukan saat ini, dan jangan mudah menyerah. Memang dalam bisnis ada banyak sekali kendala dan masalah yang harus dihadapi, namun dengan tidak menyerah kamu pasti mampu menjadi seorang pebisnis sukses di masa depan.

 

Solusi untuk transaksi nontunai kapan saja, dimana saja. Download aplikasi pembayaran online AIQQON di Play Store, satu aplikasi untuk kembangkan usahamu. Karena yang istimewa akan kalah dengan yang selalu ada.

Customer Service Aiqqon
Halo, selamat datang di AIQQON. Apakah ada yang bisa saya bantu?