Alasan Pentingnya Aplikasi Pembayaran Online Bagi Pelaku Usaha

May 9, 2021

Tahukah kamu dalam memasuki era digital saat ini segala sesuatunya menjadi lebih mudah dan praktis? Begitu pula halnya dengan sistem pembayaran yang ada sekarang. Jika dahulu saat kita ingin membayar sesuatu harus menggunakan uang tunai atau cash, sekarang dengan adanya kecanggihan teknologi kita bisa membayarnya dengan non-tunai atau hanya dengan menggunakan aplikasi pembayaran online yang tersedia. Dengan sistem pembayaran online sekarang ini, transaksi menjadi lebih mudah.

Kemudahan bertransaksi dengan adanya sistem pembayaran online ini tidak hanya dirasakan oleh para konsumen, melainkan para pelaku usaha juga ikut merasakan manfaatnya. Mengapa demikian? Pasalnya, dengan menerapkan aplikasi pembayaran online ini, bisnismu akan semakin diminati oleh para customer daripada bisnis lain yang masih menggunakan alat pembayaran konvensional, karena dianggap lebih memudahkan dalam bertransaksi.

Terlebih lagi di era pandemi saat ini, pemerintah sedang membatasi ruang gerak masyarakat di di tempat umum. Untuk bertransaksi pemerintah juga lebih menyarankan untuk menggunakan sistem pembayaran non-tunai atau cashless guna meminimalisir penyebaran virus melalui alat pembayaran konvensional yaitu uang tunai. Diperkirakan pengguna aplikasi pembayaran online akan meningkat jumlahnya di Indonesia.

Nah, hal tersebut bisa menjadi nilai plus untuk bisnismu. Simak alasan lainnya mengapa aplikasi pembayaran online penting bagi pelaku usaha pada ulasan kali ini!

 

Transaksi Menjadi Lebih Efektif dan Efisien

Bagi kamu para pelaku usaha, penting halnya dalam memberikan service terbaik untuk para pelanggan mu. Perlu diingat, bahwasanya salah satu kunci sukses dalam berbisnis adalah kemudahan dan efisiensi yang diberikan kepada konsumen dalam memberikan pelayanan yang memuaskan. 

Pasti setiap konsumen menyukai hal yang mudah dan praktis, apalagi dalam kemudahan bertransaksi. Maka dengan menerapkan sistem pembayaran online pada bisnismu, tentu hal ini akan memudahkan pelanggan mu dalam melakukan transaksi jual beli. Dengan adanya aplikasi pembayaran online, proses transaksi menjadi lebih efektif dan efisien. Karena hanya dengan melakukan beberapa klik pada aplikasi, proses pembayaran pun akan selesai dengan cepat. 

Dengan menyediakan sistem pembayaran online, konsumen Anda akan dengan mudah untuk memilih metode pembayaran yang diinginkan. Mereka bisa memilih pembayaran menggunakan bank transfer, virtual account, hingga menggunakan aplikasi pembayaran online atau yang biasa kita sebut dengan e-Money.

 

Meminimalisir Kesalahan Pada Saat Transaksi

Antara pelaku usaha dan pelanggan, pada saat melakukan sebuah proses jual beli tak jarang terjadi yang namanya kesalahan transaksi. Seperti halnya nominal yang tidak sesuai, atau adanya selisih pada jumlah transaksi. Tentunya hal ini tidak akan baik bagi kelancaran bisnis mu.

Dengan adanya aplikasi pembayaran online saat ini, bisa untuk meminimalisir kesalahan transaksi. Pelanggan hanya perlu memasukkan nominal sesuai dengan jumlah tagihan atau bisa juga dengan menggunakan metode scan QR code yang ada pada aplikasi, lalu setelah terkonfirmasi transaksi pun selesai. Cukup mudah, bukan? Nah, ini mengapa menerapkan aplikasi pembayaran online penting untuk bisnismu.

 

Transaksi Menjadi Lebih Aman

Jika dibandingkan dengan sistem pembayaran konvensional, tentunya sistem pembayaran dengan menggunakan aplikasi online akan lebih terjamin keamanannya. Mengapa demikian? Karena dengan menggunakan sistem pembayaran online, kamu dapat meminimalisir risiko pencurian yang terjadi. Mengingat, beberapa kasus sering terjadi di Indonesia. Entah tindak pencurian dilakukan oleh sekelompok pencuri, atau bahkan bisa dilakukan oleh karyawan mu sendiri.

Selain itu, untuk pencatatan laporan keuangan lebih mudah untuk dilakukan. Karena setiap transaksi yang masuk akan tersimpan pada history di aplikasi, maka hal tersebut akan memudahkan mu dalam melakukan pembukuan. Terlebih lagi, karena setiap transaksi yang terjadi akan langsung masuk ke dompet digital mu, kamu hanya perlu untuk memindahkan pendapatan yang masuk ke dalam rekening bisnismu. Dengan demikian, dana bisnis dan dan pribadimu tidak akan bercampur menjadi satu.

 

Dapat Meningkatkan Omset 

UMKM yang menggunakan sistem pembayaran digital mencatat kenaikan omset sebesar 55%. Naiknya omset tersebut disebabkan oleh tingkat pengguna aplikasi pembayaran online yang meningkat.

Hal tersebut terjadi karena pola pikir masyarakat yang berubah dan lebih kekinian. Masyarakat kini memilih untuk menerapkan cashless society, yang dimana lebih mengutamakan transaksi non-tunai daripada transaksi tunai.

 

Demikian adalah beberapa alasan pentingnya aplikasi pembayaran online bagi pelaku usaha. 

Dengan begitu, penting halnya bagi kamu para pelaku usaha untuk menerapkan aplikasi pembayaran online sebagai metode pembayaran.

 

Kamu tidak perlu bingung untuk memilih aplikasi pembayaran online apa yang cocok untuk bisnismu. Kini telah hadir AIQQON sebagai aplikasi pembayaran online, yang akan membantu bisnismu berkembang dengan baik.

Download aplikasi AIQQON di Play Store sekarang juga! Solusi untuk transaksi non-tunai kapan saja, dan dimana saja. Karena yang istimewa, kalah dengan yang selalu ada.

 

Referensi:

Printqoe.com

Midtrans

Sumber foto: Pixabay.

Customer Service Aiqqon
Halo, selamat datang di AIQQON. Apakah ada yang bisa saya bantu?