Buka Layanan Guru Privat Online? Simak Tips Suksesnya

April 14, 2021

Kondisi pandemi saat ini memaksa banyak kegiatan untuk dilakukan di rumah, termasuk belajar. Para siswa melakukan pembelajaran secara daring atau yang lebih sering dikenal dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Tidak hanya pembelajaran di sekolah, lembaga pendidikan non formal pun juga melakukan metode pembelajaran ini. Alih-alih dinilai sebagai hambatan atau tantangan, justru kondisi ini dapat dilihat sebagai peluang bisnis layanan guru privat online.

Meskipun tidak tatap muka, hal ini tidak mengurangi kesempatan Anda untuk menjadikan ini salah satu sumber penghasilan. Gunakan juga aplikasi pembayaran online untuk memudahkan transaksi pembayaran jasa Anda dengan orang tua murid.

 

Perhatikan, berikut 5 tips sukses membuka layanan guru privat online!

 

●    Menentukan Pasar

Agar Anda bisa lebih fokus menyasar siswa yang menjadi target, Anda perlu menentukan pasar konsumen terlebih dahulu. Tingkat sekolah apakah yang ingin Anda jadikan sebagai pasar. Bisa sekolah dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), atau Sekolah Menengah Atas (SMA) dan juga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Semakin luas pasar Anda dalam layanan guru privat online, akan berdampak pada strategi pelayanan yang tidak fokus dan bercabang.

Dengan menentukan pasar, akan membantu Anda juga dalam mematok tarif layanan. Berapa biaya yang akan Anda kenakan kepada para siswa untuk setiap layanan konsultasi belajar, berapa durasi waktu yang Anda sediakan untuk setiap siswa, dan bagaimana skema pembayaran yang nyaman bagi Anda dan siswa. Jika pasar target pasar Anda masih terlalu luas, Anda akan kesulitan menentukan hal-hal tersebut. Karena pasti biaya yang dikenakan untuk konsultasi pelajaran SD berbeda dengan biaya konsultasi pelajaran SMP. Tingkat kesulitan materi bisa jadi salah satu faktor yang mempengaruhi harga tarif layanan.

 

●    Buat Diferensiasi

Apa yang membedakan layanan guru privat online Anda dengan layanan privat online yang lain? Buatlah ciri khas dan pembeda dengan layanan-layanan privat online lainnya. Beberapa diferensiasi yang bisa Anda buat adalah menawarkan layanan yang bisa memberikan cara cepat mengerjakan soal matematika, atau menghafal sejarah, atau bisa juga cara-cara unik untuk memahami materi pelajaran tertentu. Jangan ragu untuk berinovasi dalam membuat promo menarik bagi calon siswa privat online Anda. Sebagian besar orang tua akan mengikuti pilihan anaknya dalam hal privat, karena sang anaklah yang akan belajar dan berinteraksi dengan guru privatnya.

Pasang informasi diferensiasi layanan yang Anda miliki di media sosial. Buat satu akun khusus untuk layanan guru privat online Anda. Selain Anda bisa memasang informasi tentang paket harga, Anda juga bisa membuat postingan tentang materi pelajaran yang menarik minat para warganet mengikuti media sosial layanan guru privat online.

Pasang iklan secara online di media sosial. Jangan lupa untuk memberikan informasi layanan guru privat online Anda ke grup aplikasi pesan singkat seperti Whatsapp atau Line yang berisi para orang tua yang menjadi target pasar Anda. Pasangkan iklan di media sosial mengenai layanan Anda dan cantumkan dengan jelas nomor yang bisa dihubungi untuk mendapatkan informasi terkait layanan guru privat online yang Anda miliki.

 

●    Biaya Terjangkau

Karena Anda telah menentukan pasar yang menjadi target pemasaran layanan guru privat online, maka sekarang saatnya Anda untuk menentukan tarif. Buatlah paket harga konsultasi yang terjangkau. Mengapa? Jangan lupa bahwa konsumen Anda masih harus menanggung biaya untuk akses layanan internet seperti Wifi atau paket data. Tarif layanan konsultasi yang terlalu tinggi akan membuat para orang tua dan siswa enggan menggunakan layanan guru privat online Anda.

Selain itu, Anda juga bisa membuat promo-promo menarik seperti siswa dengan nilai rata-rata rapor tertentu, bisa mendapat tambahan diskon atau keuntungan menarik lainnya. Atau buatlah promo yang bisa mengajak banyak siswa menggunakan layanan Anda seperti dengan kelompok belajar maksimal 3 orang, maka Akan mendapatkan potongan harga khusus.

 

●    Menyiapkan Sumber Daya Manusia yang Mumpuni

Ketahui dan tentukan kapasitas serta kemampuan Anda. Jika dirasa sulit untuk mengajar 5 orang muring privat online, tentukan batas maksimal yang bisa Anda ajarkan setiap harinya. Jangan ragu untuk mengajak teman Anda bergabung pada layanan guru privat online yang Anda tekuni.

Namun, jika Anda hanya seorang investor perusahan waralaba privat online, pastikan bahwa guru-guru yang menjadi pengajar pada layanan guru privat online Anda adalah guru-guru yang terpilih. Mereka mampu untuk menjelaskan materi dengan baik, memiliki waktu yang fleksibel, dan tingkat kesabaran yang tinggi untuk mengajar

 

●    Sediakan Fasilitas Penunjang Bagi Pengajar

Jika Anda memilih beberapa guru untuk mengajar pada layanan guru privat online yang Anda miliki, jangan lupa untuk mempertimbangkan kesejahteraan mereka. Buat perhitungan atas jasa mengajar mereka dengan adil. Jika memungkinkan, berikan fasilitas penunjang mereka ketika mengajar seperti pulsa atau paket data dengan jumlah tertentu.

Untuk mengapresiasi hasil kerja para guru, sesekali berikanlah penghargaan kepada para pengajar terbaik. Apakah mereka bisa mengajar murid lebih banyak dari biasanya atau ketika anak murid yang menggunakan layanan guru privat online Anda berhasil mendapatkan nilai terbaik di kelasnya.

 

Demikian tips yang bisa Anda lakukan dalam usaha membuka layanan guru privat online. Untuk metode pembayarannya, Anda tidak perlu khawatir. Saat ini tersedia solusi untuk transaksi non tunai kapan saja, dimana saja. Download aplikasi pembayaran online AIQQON di Playstore, satu aplikasi untuk kembangkan usahamu. Karena yang istimewa, kalah dengan yang selalu ada.

 

Referensi :

Agrotek. Cara Membuka Jasa Les Privat

Investasi Untung, Cara Membuka Usaha Les Private Menguntungkan

My Value. Tips Membuka Kursus Online, Cara Efektif Memperoleh Uang Dari Internet

Pintek. Strategi Jitu Mendirikan Bisnis Les Privat di Masa Pandemi!

Sumber foto: Cheney Song dari Pixabay

Customer Service Aiqqon
Halo, selamat datang di AIQQON. Apakah ada yang bisa saya bantu?