Cara Mengelola Bisnis Franchise, Bagaimana?

April 27, 2021

Bagi mereka yang ingin berinvestasi dengan tujuan apapun, salah satu pilihan untuk berinvestasi adalah dengan bisnis waralaba atau franchise. Dengan tipe bisnis franchise, pemilik dan atau investor akan dibantu untuk mengelola dana dan usaha yang didirikan. 

Apapun usahanya, Anda tidak perlu khawatir akan metode pembayarannya, gunakan aplikasi pembayaran online untuk mempermudah transaksi non tunai. Tertarik untuk bisnis franchise? Ketahui cara mengelolanya berikut ini.

 

  • Tentukan Tujuan Berbisnis Franchise

Tujuan berbisnis dapat dianalogikan sebagai petunjuk dalam menjalankan bisnis, termasuk bisnis franchise. Walaupun dalam operasional bisnis nanti franchisor akan membantu franchisee agar bisnisnya dapat berjalan dengan baik, namun penting bagi franchisee untuk tahu dan sadar apa yang menjadi tujuan bisnisnya. Tujuan bisnis juga dapat menjadi pengingat dan penyemangat ketika bisnis sedang dalam kondisi yang tidak baik. Alasan untuk tetap mempertahankan bisnis franchise dapat dilihat dari tujuan bisnis tersebut.

 

  • Rencanakan Pembiayaan

Jika Anda sudah menentukan dan memilih satu jenis bisnis franchise, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk menentukan skema pembiayaannya. Dari pihak franchisor sendiri tentu sudah memiliki ketentuan dan regulasi terkait dana yang harus Anda siapkan untuk berbisnis. Oleh karena itu, perencanaan biaya yang harus Anda siapkan selama menjalani bisnis franchise pun akan lebih mudah untuk ditentukan.

 

  • Ciptakan Sistem Pengelolaan Yang Baik

Pada dasarnya, suatu sistem akan berjalan dengan baik apabila direncanakan dan dikelola dengan baik juga. Dari awal pemilihan bisnis franchise, pastikan Anda memilih bisnis yang memiliki sistem yang jelas dan terstruktur. Hal-hal yang termasuk ke dalam sistem seperti perekrutan karyawan, pelatihan calon karyawan, promosi, serta pengembangan keterampilan karyawan. Ketahui dengan jelas apakah hal-hal tersebut menjadi tanggung jawab Anda sebagai franchisee atau perusahaan yang berperan sebagai franchisor.

 

  • Jangan Lupa Strategi Branding

Buat strategi branding dan pemasaran yang menarik agar konsumen mengetahui bahwa bisnis franchise yang Anda miliki adalah pilihan tepat untuk memenuhi kebutuhan mereka. Tentukan logo, desain dan layout tempat usaha, interior ruangan serta furniture dan aksesoris toko yang dapat berperan sebagai branding dari bisnis franchise Anda. 

  • Fokus Kepada Konsumen

Dalam menjalani bisnis franchise, pelayanan dan kepuasan pelanggan merupakan prioritas utama. Banyaknya usaha waralaba sejenis, membuat konsumen akan dengan bebas memilih di toko franchise mana mereka akan berbelanja. Untuk mempertahankan konsumen berbelanja di toko Anda, maka cara karyawan toko melayani konsumen dan kepuasan pelanggan harus benar-benar diperhatikan. Kenyamanan toko seperti kondisi ac, keramik toko, dan cat toko juga dapat menjadi pertimbangan konsumen untuk memilih tempat berbelanja. 

Pelayanan yang tidak baik, hanya akan membuat konsumen kabur. Pandangan dan penilaian masyarakat terhadap merek franchisor juga akan berpengaruh sehingga konsumen tidak akan lagi memilih brand tersebut. Dengan demikian, maksimalkan usaha untuk membuat konsumen puas dan mendapatkan pelayanan terbaik pada bisnis franchise Anda. 

 

  • Konsisten dan Kompetitif

Konsisten dalam menekuni bisnis franchise merupakan suatu kunci keberhasilan dalam berbisnis. Sikap konsisten dan mau terus berusaha dalam berkompetisi dengan usaha lainnya, dapat membuat bisnis franchise Anda akan terus berjalan dengan baik dan menghasilkan pemasukan yang terus meningkat. Jangan hanya bersemangat di periode awal bisnis saja. Jaga terus konsistensi dan semangat Anda dalam menjalankan bisnis franchise. Ingatlah bahwa segala sesuatu butuh proses dan perjuangan, termasuk ketika Anda menjalankan usaha franchise.

 

  • Jangan Ragu Berinovasi

Konsultasikan dengan pihak franchisor sampai mana batasan Anda untuk berinovasi. Buatlah bisnis franchise Anda menjadi bisnis yang memiliki ciri khas. Terdapat perbedaan dibandingkan dengan bisnis sejenis. Walaupun banyak kompetitor di sekitar Anda, namun bisnis Anda memiliki “magnet” tersendiri bagi calon konsumen untuk didatangi. Misalnya Anda menjalankan bisnis franchise makanan, lakukanlah inovasi pada varian rasa atau topping pada makanan yang dijual di toko Anda. Hal-hal yang menarik akan membuat calon konsumen penasaran dan akhirnya memilih untuk berbelanja di toko Anda. 

 

Jadi, sudah siap mengelola bisnis franchise? Saat ini sudah tersedia solusi untuk transaksi non tunai kapan saja, dimana saja. Download aplikasi pembayaran online AIQQON di Playstore, satu aplikasi untuk kembangkan usahamu. Karena yang istimewa, kalah dengan yang selalu ada.

 

Referensi :
Finansialku. 10+ Tips Mengelola Bisnis Waralaba Agar Semakin Berhasil Di Tahun 2019

Koinworks. 7 Strategi dan 12 Peluang Bisnis Franchise yang Wajib Kamu Coba

Jurnal ID. Memahami Seluk Beluk dan Cara Kelola Bisnis Franchise

Jurnal ID. Tips dan Rahasia Sukses Berbisnis Franchise

Jurnal ID. 5 Cara Jitu Mengembangkan Bisnis Franchise

Harmony. Bisnis Franchise? Begini Penjelasan Dan Cara Memulainya

Sleekr. 4 Kunci Sukses Mengelola Bisnis Franchise

Sumber foto: Sinki Kim dari Pixabay.

 

Customer Service Aiqqon
Halo, selamat datang di AIQQON. Apakah ada yang bisa saya bantu?