Kenali Teknologi NFC Pada Smartphone Untuk Pembayaran Bisnis Kamu!

July 3, 2021

Kenali Teknologi NFC Pada Smartphone Untuk Pembayaran Bisnis Kamu!

Teknologi pada smartphone terus mengalami perkembangan seiring waktu dengan terus berinovasi. Salah satu bukti kemajuan teknologi yang saat ini sangat populer yaitu NFC. NFC digunakan pada smartphone untuk menunjang berbagai aplikasi pembayaran online.

Near Field Communication, Fitur Interaksi Jarak Dekat

Apa itu NFC? NFC merupakan singkatan dari Near Field Communication, yang pada dasarnya adalah fitur untuk berinteraksi dalam jarak dekat. NFC hanya dapat berinteraksi dalam jarak maksimal yaitu 4 cm dan memberikan layanan koneksi tanpa kabel (nirkabel) antara dua perangkat.

NFC berasal dari hasil pengembangan dari teknologi true-based micro payment system. Dimana sebuah chip akan dimasukkan ke dalam perangkat seluler untuk menyimpan uang dan melakukan pembayaran. Sistem pembayaran ini biasanya digunakan pada transaksi nontunai atau cashless.

Teknologi NFC pada perangkat seluler iPhone pertama kali digunakan pada generasi iPhone 6. NFC di iPhone bertujuan untuk mendukung sistem pembayaran Apple Pay. Namun pada waktu itu belum tersedia fitur membaca maupun mengirim data.

Cara Kerja NFC

Kamu tentu tidak asing lagi dengan teknologi WiFi, Bluetooth, maupun perangkat lain yang menerapkan sistem kerja nirkabel. NFC juga memiliki sistem kerja yang sama dengan perangkat-perangkat tersebut, hanya saja teknologi yang digunakan pada NFC merupakan gagasan lama dari RFID.

RFID adalah Radio – Frequency identification yang memanfaatkan induksi elektromagnetik untuk mengirimkan informasi. NFC dapat mengirimkan data dengan frekuensi transmisi hingga 13,56 megahertz, yang termasuk kecepatan tertinggi dalam pengiriman data nirkabel.

Penggunaan NFC di Indonesia sendiri paling umum adalah untuk emulasi kartu dalam metode pembayaran nontunai. Biasanya NFC digunakan untuk e-toll, tiket KRL, e-money, dan lain sebagainya.

5 Kegunaan NFC Pada Smartphone

Jika kalian sudah mengetahui pengertian dan sistem kerja NFC, maka kalian juga harus mengetahui apa saja yang dapat dilakukan oleh NFC pada smartphone kalian. Berikut ini beberapa kegunaan NFC dalam mendukung berbagai pembayaran nontunai seperti aplikasi pembayaran online:

1. Cek dan Isi Saldo E-Money

Kamu tentu tahu jika kartu e-money harus di tempelkan ke mesin ATM atau ke merchant tertentu untuk mengisi ulang saldo. Berkat kemajuan teknologi NFC kini kamu cukup menempelkan kartu e-money kamu ke smartphone dengan NFC untuk melakukan pengisian saldo.

Selain mengisi ulang kartu e-money, kamu juga bisa mengecek sisa saldo yang kamu miliki. Beberapa bank penerbit e-money juga telah menerapkan sistem NFC ini agar memudahkan fitur top up bagi para nasabah.

2. Transaksi Pembayaran nontunai

Kamu hobi berbelanja tapi sering lupa membawa dompet? Tidak perlu khawatir lagi, berkat teknologi NFC, kamu dapat melakukan pembayaran nontunai menggunakan aplikasi pembayaran online. Cukup tempelkan smartphone kamu pada mesin reader NFC yang tersedia.

Saat ini hampir sebagian besar pusat perbelanjaan, restaurant, maupun transportasi umum telah memiliki sistem pembayaran menggunakan NFC. Jadi kamu bisa bebas berbelanja meski tidak membawa uang tunai atau kartu ATM.

3. Transfer Data

Kegunaan dari NFC yang masih jarang diketahui oleh pengguna smartphone yaitu untuk menghubungkan dua buah perangkat. Kamu bisa bertukar file dari smartphone ke perangkat lain layaknya menggunakan WiFi atau Bluetooth.

Bahkan saat ini tersedia televisi yang juga menggunakan teknologi NFC para remote-nya. Selain televisi, ada juga printer, perangkat komputer, dan laptop.

4. Memudahkan Smartphone Terkoneksi dengan WiFi

Saat ini tidak sedikit tempat di hotel telah menyediakan sebuah alat yang disebut sebagai WiFi porter. Alat tersebut berfungsi untuk membuat pengunjung dapat langsung mengakses WIFI tanpa perlu mengisi kata sandi atau password.

Jika kamu sedang staycation di hotel dan melihat sebuah Wifi Porter, maka kamu cukup tempelkan smartphone kamu ke alat tersebut, lalu koneksi WiFi akan langsung tersambung ke smartphone kamu. Keren ya!

5. Mengisi Daya Ponsel

Beberapa smartphone yang telah menggunakan fitur NFC dapat dipakai juga untuk mengisi daya. Kamu bisa mengisi daya baterai smartphone tanpa kabel charge dan cukup meletakkan smartphone diatas alat pengisi daya yang terpasang NFC.

Namun bagi smartphone yang belum memiliki fitur NFC, kamu bisa membeli sebuah alat yang disebut sebagai wireless charging receiver. Tenang saja, alat tersebut masih ramah di dompet kamu kok dengan harga yang terjangkau pastinya.

Mode NFC pada Smartphone

Smartphone merupakan salah satu perangkat aktif yang paling sering digunakan oleh manusia. Pada smartphone, NFC sendiri memiliki 3 mode diantaranya:

Reader atau Writer

Mode untuk membaca informasi biasanya digunakan untuk mengetahui informasi saldo pada kartu e-money.

Card Emulation

Mode ini digunakan sebagai pendukung dalam pembayaran digital.

Peer-to-peer

Mode yang digunakan ketika melakukan transfer data atau file antar perangkat, baik dari ponsel ke ponsel maupun dari ponsel ke perangkat lain.

Meskipun memiliki banyak manfaat dan kegunaan, namun penggunaan NFC pada smartphone dinilai kurang maksimal, khususnya oleh pengguna yang berada di daerah luar kota.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai pengertian dan fungsi dari NFC pada smartphone. Kamu dapat memanfaatkan fitur NFC ini untuk berbagai keperluan pembayaran termasuk juga aplikasi pembayaran online.

 

Customer Service Aiqqon
Halo, selamat datang di AIQQON. Apakah ada yang bisa saya bantu?