Marketplace yang Menyediakan Transaksi Secara Online

August 27, 2021

Aktivitas berbelanja secara online sedang naik daun dalam beberapa tahun ini. Selain karena tren digital semakin marak, sejumlah toko online dan marketplace yang ada menjadikan semakin ramainya aktivitas belanja online tersebut dilakukan.

Dengan adanya marketplace dan tren belanja secara online ini, maka sejumlah aplikasi pembayaran online juga semakin banyak digunakan. Mulai dari pembayaran menggunakan transfer bank, dompet digital, hingga pembayaran online lain seperti kartu kredit dan scan QR Code.

Penggunaan marketplace untuk belanja online memang tengah digandrungi. Dengan adanya marketplace, akan ada perantara para penjual dan pembeli untuk bisa menjalankan proses transaksi secara online, bahkan menggunakan HP sekalipun.

Di sejumlah platform marketplace, kamu tidak hanya dapat memilih barang saja. Ada berbagai macam fasilitas yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, baik berupa metode pembayaran, jasa pengiriman, hingga pemilihan kategori produk.

Begitu banyaknya marketplace dan toko online yang digunakan saat ini tentunya juga berdampak pada berbagai macam transaksi dan pembayaran online yang digunakan. Pembayaran secara online dapat dilakukan menggunakan media transfer bank, kartu kredit, hingga menggunakan berbagai aplikasi pembayaran online lainnya.

Dari berbagai macam marketplace yang hadir di Indonesia bahkan dunia, tentu hampir semuanya menggunakan transaksi digital dan online sehingga bisa sangat memudahkan para customernya. Lantas, marketplace mana sajakah yang menggunakan transaksi online seperti ini? Berikut beberapa contohnya.

1. Tokopedia

Siapa sih yang tidak mengenal platform e-commerce yang satu ini? Ya, salah satu contoh marketplace dari Indonesia ini menjadi salah satu yang terbesar dan banyak digunakan di negeri ini, bahkan Asia. Dengan total hampir 100 juta pengguna dan 10 juta penjual aktif, tentunya membuat Tokopedia menyediakan berbagai metode transaksi yang praktis dan mudah dijalankan.

Mulai dari transfer bank secara manual maupun dengan virtual account, menggunakan jasa pihak ketiga dalam hal digital payment dan pembayaran dompet digital, hingga bekerja sama dengan beberapa jaringan minimarket untuk mempermudah proses pembayaran.

2. Shopee

Sebagai salah satu e-commerce paling besar di Asia, tentunya marketplace yang satu ini memiliki berbagai kelebihan dibandingkan dengan e-commerce dan marketplace kebanyakan. Pengguna yang aktif dan penjual yang beragam membuat Shopee juga menyediakan berbagai pilihan pembayaran dan metode transaksi yang mudah diakses.

Salah satu yang paling banyak diingat adalah metode COD yang mudah dilakukan meskipun kerap menimbulkan pro dan kontra di tengah masyarakat. Kendati demikian, transaksi online menggunakan transfer bank hingga kredit non-tunai, dompet digital, bahkan scan QR Code juga masih sangat bisa digunakan sampai hari ini.

3. Lazada

Perusahaan e-commerce asal Singapura yang diakuisisi oleh raksasa e-commerce asal China, Alibaba ini juga merupakan salah satu marketplace dengan inovasi aplikasi pembayaran online yang sering kali mendapat respons positif dari berbagai pihak pembeli. Hal ini tentunya karena berbagai cara pembayaran pesanan bisa kamu lakukan secara langsung dan mudah dijangkau.

Metode transfer bank, kartu kredit, bahkan transaksi Pay Later banyak menjadi pilihan sehingga akan sangat memudahkan pembeli hingga penjual dalam mendapatkan apa yang mereka inginkan. Dari sisi pembeli tentu saja pembayaran dan transaksi yang mudah, dari sisi penjual mendapatkan untung karena transaksi cepat dan bisa digunakan untuk perputaran modal.

4. Bukalapak

Pada marketplace yang satu ini, kamu dapat menjalankan transaksi secara cepat dan mudah menggunakan berbagai aplikasi pembayaran yang sudah disediakan. Tidak mengherankan jika aplikasi belanja yang satu ini kerap mencatatkan namanya pada aplikasi yang banyak dipakai berbagai kalangan.

Mulai dari penggunaan saldo, COD, hingga transfer bank secara otomatis dan manual, semuanya bisa dilakukan secara cepat. Bahkan, kamu juga bisa membayarkan transaksi menggunakan dompet digital yang sudah bekerja sama dengan perusahaan asal Indonesia ini.

5. Blibli

Satu lagi marketplace asal Indonesia yang banyak dikenal dan bahkan sudah lama hadir di dunia retail online Indonesia, yakni Blibli. Di sini, kamu bisa dengan mudah menjalankan transaksi berkat adanya berbagai kerja sama dengan sejumlah merchant dan penyedia aplikasi pembayaran online.

Kamu bahkan bisa menjalankan transaksi menggunakan internet banking, kartu debit dan kredit, hingga pembayaran menggunakan debit online dan minimarket. Semuanya itu dapat dengan mudah dijalankan untuk mempermudah semua transaksi yang kamu lakukan.

Untuk pembayaran nontunai, kamu bisa memenuhi kebutuhan pembayaran secara langsung maupun lewat internet dengan aplikasi AIQQON. 

Customer Service Aiqqon
Halo, selamat datang di AIQQON. Apakah ada yang bisa saya bantu?