Mau Buka Jasa Layanan Cleaning Service? Pelajari Kiat Suksesnya

April 11, 2021

Bagi para calon pebisnis yang baru terjun memulai bisnis, pasti kadang kesulitan untuk memilih jenis usaha yang akan digeluti. Beberapa orang ada yang memilih bisnis F&B (food and beverage), fashion, atau bisnis jasa. Diantara berbagai jenis bisnis, tidak bisa dipungkiri bisnis jasa adalah salah satu bisnis yang paling menguntungkan. Bisnis jasa mampu menghasilkan keuntungan cukup besar dengan modal yang terbilang lebih kecil apabila dibanding dengan bisnis penjualan produk-produk kebutuhan.

Salah satu bisnis jasa yang memiliki permintaan cukup tinggi adalah bisnis cleaning service (pelayanan kebersihan). Kehidupan zaman sekarang yang bergerak begitu cepat, membuat orang-orang semakin sulit menyisihkan waktunya untuk sekedar membersihkan tempat tinggalnya. Apalagi di daerah perkotaan yang padat, setiap harinya pasti ada banyak toko atau kantor yang membutuhkan jasa kebersihan ini untuk membersihkan tempat mereka, guna tetap menjaga produktivitas karyawan yang sedang bekerja.

Di masa pandemi ini, batasi pergerakan virus dengan mengurangi kontak langsung. Hal ini bisa Anda terapkan dengan menggunakan aplikasi pembayaran online untuk mengurangi perputaran uang kertas yang telah dipegang banyak tangan. Simak lebih lanjut mengenai kiat sukses buka jasa cleaning service di bawah ini!

 

Kiat Sukses Membangun Jasa Cleaning Service

Tentu saja sebagai penyedia jasa, untuk dapat dilirik oleh konsumen dan dapat memperluas pasar dibutuhkan konsistensi dalam menjaga kualitas pelayanan dan menjaga kepercayaan pasar terhadap brand yang akan dibangun. Berikut kita akan membahas kiat-kiat sukses dalam membangun bisnis layanan kebersihan (cleaning service):

 

1.   Mulailah Dengan Pemahaman Bisnis yang Matang

Dalam memulai bidang bisnis jasa, pengusaha harus memahami bahwa klien memiliki keinginan dan kebutuhan yang berbeda-beda. Maka dari itu, sebelum memulai bisnis, diharapkan pengusaha sudah memiliki cukup persiapan dan pemahaman yang matang tentang target pasar yang akan dituju. Karena pada layanan jasa, kepuasan pelanggan saat melihat hasil kerja kita adalah yang terpenting. Anda bisa saja menjual produk jasa dengan “seadanya”, namun hal tersebut akan membuat bisnis Anda tidak bertahan lama. Karena Anda tidak memberikan nilai yang berbeda yang membuat pelanggan ingin mencari dan mengutamakan jasa yang Anda tawarkan.

 

2.   Menggunakan Produk yang Berkualitas dan Mempersiapkan Metode yang Mendukung Bisnis Anda

Karena pangsa pasar layanan kebersihan adalah orang-orang yang biasanya mampu dan benar-benar membutuhkan, maka pastikan Anda menggunakan produk-produk yang berkualitas. Selain itu, sebaiknya Anda juga memiliki pengetahuan tentang kualitas beberapa produk serta kelebihan dan kekurangannya, sehingga Anda juga dapat menawarkan produk yang tepat kepada klien Anda nantinya.

Karena mungkin saja akan ada beberapa pelanggan yang memiliki beberapa pertanyaan tentang produk yang Anda gunakan, ataupun memiliki preferensi produk sendiri yang mereka inginkan.Hal yang tidak kalah penting, sebagai pengusaha juga sebaiknya memiliki metode yang tepat untuk mengedukasi karyawan Anda mengenai produk jasa yang perusahaan Anda tawarkan, serta miliki juga metode yang tepat untuk mendata pemasukan dan pengeluaran.

 

3.   Mempekerjakan Karyawan yang Memahami Nilai Bisnis Anda

Jika ingin memiliki usaha yang berkepanjangan, maka pastikan bahwa usaha anda memiliki nilai yang dijadikan dasar dalam membangun brand perusahaan Anda. Semakin usaha Anda berkembang nantinya, maka Anda akan membutuhkan banyak tenaga untuk membantu pekerjaan Anda. Dalam merekrut orang untuk dipekerjakan, pastikan bahwa orang yang Anda pilih memiliki komitmen yang tinggi serta dapat dipercaya. Karena orang yang nantinya akan Anda pekerjakan adalah “wajah perusahaan” Anda.

Penting untuk memastikan bahwa tim yang Anda bangun sama-sama memahami nilai perusahaan Anda dan terus berusaha bersama-sama untuk menjaga nama baik perusahaan Anda serta mampu mewakili nilai perusahaan Anda. Karena keberhasilan Anda dalam memilih karyawan dan membangun tim kerja yang baik, akan melancarkan jalan Anda menuju kesuksesan.

 

4.   Teknik Pemasaran yang Baik dan Efisien

Produk yang bagus tidak akan sampai kepada konsumennya apabila calon konsumen tidak mengetahui keberadaan produk tersebut. Sama halnya dengan produk jasa. Anda perlu memasarkan produk jasa Anda seluas-luasnya sehingga dapat menjangkau target pasar yang Anda inginkan. Sekarang, pemasaran dapat dilakukan dengan lebih mudah semenjak ada internet. Pemasaran secara online kini dianggap lebih efektif dan efisien. Karena beberapa platform mampu menggunakan algoritma yang sesuai dan memasarkan produk Anda langsung kepada target pasar Anda.

Dengan menggunakan platform internet, Anda dapat menjangkau pasar yang lebih luas dengan pembiayaan yang lebih rendah bahkan gratis. Maka dari itu pastikan Anda menggunakan fasilitas ini sebaik-baiknya dalam memasarkan produk Anda. Selain pemasaran online, pemasaran offline melalui testimoni pelanggan dari mulut ke mulut juga adalah strategi pemasaran yang sangat berdampak besar. Oleh karena itu, pastikan Anda memberi pelayanan terbaik, sehingga kepuasan pelanggan Anda mampu mempromosikan produk jasa Anda dengan sendirinya.

 

5.   Mendesain Metode Pembayaran yang Efektif

Karena dalam jasa layanan kebersihan biasanya karyawan Anda yang akan mendatangi lokasi klien, maka pasti dibutuhkan metode pembayaran yang efektif untuk proses transaksinya. Melakukan pembayaran secara tunai biasanya dapat menimbulkan berbagai kerumitan, mulai dari pelanggan yang tidak memegang uang tunai, karyawan yang tidak memiliki kembalian, hingga proses pembukuan dana masuk dan dana keluar yang sulit terlacak.

 

Kini sudah ada aplikasi yang dapat menawarkan kemudahan transaksi bagi para pebisnis yang ingin memaksimalkan pelayanannya, aplikasi tersebut adalah AIQQON. AIQQON adalah aplikasi pembayaran nontunai yang membantu suatu usaha mulai dari segi pembayaran antara penjual dan pembeli, membantu proses pembukuan transaksi usaha agar lebih rapi dan terlacak, serta mampu memudahkan akses promosi langsung ke halaman online shop usaha Anda.

Semua manfaat-manfaat tersebut dapat Anda nikmati hanya dengan mendownload satu aplikasi pintar AIQQON.

Sumber:

Connect Team. 7 Tips to Successfully Starting a Cleaning Service Business.

Simulasi Kredit. 5 Cara Memulai Usaha Cleaning Service.

Sumber foto: CDC dari Unsplash

Customer Service Aiqqon
Halo, selamat datang di AIQQON. Apakah ada yang bisa saya bantu?