Pelajari Alasan Kenapa Kartu Debit Ditolak, Apa Saja?

May 9, 2021

Saat sedang berbelanja, makan di luar, atau travelling, sering kali kita harus melakukan berbagai macam transaksi. Apabila kita tidak membawa cukup uang tunai, maka menggunakan kartu kredit atau kartu debit adalah salah satu solusi yang paling sering digunakan orang saat ini. Namun alternatif tersebut terkadang tidak selalu berhasil. Banyak ditemui kasus dimana kartu debit atau kartu kredit yang ditolak saat melakukan transaksi. 

Sebenarnya beberapa masalah diatas dapat diatasi apabila Anda memiliki alat transaksi elektronik non tunai di ponsel Anda. Apabila Anda memiliki aplikasi pembayaran online di ponsel Anda, Anda dapat mengecek saldo rekening Anda sebelum melakukan transaksi, tidak ada masa berlaku kartu, Anda dapat menyesuaikan limit transaksi, dan lain-lainnya. Dan yang praktis adalah, Anda dapat melakukan transaksi hanya dengan melakukan scan QR saja melalui ponsel Anda. 

Perihal kartu debit khususnya, karena mayoritas masyarakat pasti memiliki kartu debit pribadi. Lalu faktor apakah yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi? Hari ini mari kita cari tahu alasan apa saja yang menyebabkan kartu ditolak. 

 

1. Salah Memasukkan PIN

PIN (Personal Identification Number) adalah nomor kode rahasia yang hanya diketahui oleh nasabah pemilik kartu. PIN yang kamu masukkan saat melakukan transaksi menggunakan kartu debit harus benar agar transaksi dapat diterima. Seringkali kejadian kartu debit ditolak karena nasabah memasukkan nomor pin yang salah. Maka dari itu penting untuk memastikan Anda menggunakan seri angka yang unik namun tetap dapat Anda ingat secara jelas.

 

2. Sudah Melampaui Limit Transaksi

Limit transaksi adalah batasan jumlah dana transaksi yang dapat Anda lakukan dengan kartu Anda dalam satu hari. Setiap bank memiliki tujuannya masing-masing, namun semua tujuannya sama yaitu untuk melindungi dana simpanan Anda dari transaksi yang tidak wajar. Oleh karena itu, pastikan transaksi yang Anda lakukan masih dalam batasan penggunaan kartu debit Anda. Dan jika Anda memiliki keperluan transaksi dengan jumlah tertentu yang melewati limit transaksi, Anda dapat menghubungi bank Anda untuk pengaturan kembali.

 

3. Expired

Beberapa kartu debit dari bank juga memiliki masa berlaku sendiri. Hal ini biasanya dilakukan bank untuk memastikan debit card yang Anda sudah layak mengalami pergantian, atau untuk menyesuaikan dengan program bank tersebut. Maka dari itu, saat Anda melakukan transaksi dengan kartu debit Anda dan kartu Anda ditolak, mungkin Anda sudah saatnya untuk mengganti kartu tersebut.

 

4. Dana Tidak Mencukupi

Salah satu kejadian yang cukup sering menyebabkan transaksi Anda ditolak adalah dana di dalam rekening Anda tidak mencukupi. Apabila Anda tidak menggunakan layanan m-banking biasanya akan sulit bagi Anda untuk melakukan pengecekan saldo rekening Anda setiap saat. Sering kali nasabah tidak mengetahui saldo yang masih tersisa di rekeningnya. Itulah yang menjadi salah satu penyebab transaksi menggunakan kartu debit yang Anda lakukan ditolak.  

 

5. Bank Mencurigai Transaksi Anda

Hal yang satu ini biasanya terjadi saat Anda melakukan transaksi dalam jumlah yang tidak biasa Anda lakukan. Bank memiliki hak untuk menolak transaksi yang dirasa tidak normal dilakukan oleh nasabah yang bersangkutan. Hal tersebut dilakukan guna mencegah terjadinya penipuan atau pencurian uang. Sebenarnya hal yang satu ini cukup mudah diselesaikan, Anda cukup menghubungi call centre Anda dan pegawai bank anak membantu Anda. Hanya saja memang hal tersebut akan memakan waktu Anda beberapa saat. Maka dari itu apabila Anda memiliki rencana transaksi dalam jumlah yang besar, ada baiknya untuk memberi informasi terlebih dahulu pada pihak bank Anda, untuk mendapatkan izin transaksi tersebut.

 

6. Anda Melakukan Transaksi Internasional

Apabila Anda melakukan transaksi saat Anda berada di luar negeri, biasanya kartu Anda akan secara otomatis ditolak apabila bank yang Anda gunakan tidak bekerja sama dengan bank di negara tersebut. Beberapa bank di Indonesia memang sudah banyak yang dapat digunakan di luar negeri, seperti kartu-kartu debit yang sudah memiliki logo Visa dan Mastercard adalah kartu yang dapat digunakan diluar negeri. Namun sayangnya belum tentu juga semua tempat yang Anda kunjungi di luar negeri akan menerima kartu debit berlogo Visa atau Mastercard. Anda bisa saja mendapati transaksi Anda ditolak ketika Anda melakukan transaksi di tempat yang tidak menerima kartu debit Anda.

 

7. Masalah Teknis

Masalah ini juga adalah salah satu penyebab yang sering ditemui ketika transaksi kartu debit Anda ditolak. Pada saat-saat tertentu, bank bisa saja memang sedang mengalami gangguan atau masalah teknis. Begitu pula saat Anda melakukan transaksi menggunakan debit pada merchant-merchant mitra bank tersebut. Bisa jadi ada masalah pada bank, atau pada koneksi internet merchant yang bersangkutan, atau berbagai masalah teknis lainnya yang mungkin dihadapi pihak bank maupun pihak merchant tempat Anda melakukan transaksi.

 

Itulah beberapa alasan yang dapat menyebabkan kartu debit Anda ditolak saat melakukan transaksi. Dengan aplikasi pembayaran nontunai AIQQON, kini Anda sudah tidak perlu lagi kebingungan membawa dan menggunakan kartu debit Anda. 

 

Hanya dengan menggunakan satu aplikasi AIQQON di ponsel Anda, Anda tidak hanya dapat melakukan transaksi pembayaran, Anda juga bahkan dapat menerima transaksi dari berbagai sistem pembayaran seperti kartu kredit, mobile banking, hingga 25 merek dompet elektronik ternama di Indonesia. 

 

Untuk Anda yang sudah memakai aplikasi pembayaran online AIQQON dan kartu debit Anda sudah memiliki logo Visa atau MasterCard dan tetap tidak bisa melakukan transaksi pembayaran bersama AIQQON, silakan hubungi bank penerbit kartu Anda untuk mengaktivasi transaksi online dari kartu debit Anda.

 

Bila masalahnya tetap berlanjut, silakan hubungi kami melalui fitur live chat atau email melalui support@aiqqon.id

 

Sumber:

Finder 

Sumber foto: Pixabay

Customer Service Aiqqon
Halo, selamat datang di AIQQON. Apakah ada yang bisa saya bantu?