Pelajari Cara Menarik ShopeePay Tanpa KTP, Apa Boleh?

June 2, 2021

Layanan dompet digital atau e-wallet ShopeePay memang begitu praktis, khususnya bagi kamu yang sering berbelanja di e-commerce Shopee ataupun merchant yang bekerja sama dengan ShopeePay. 

 

Namun, ada kalanya pengguna perlu mencairkan saldo langsung dari ShopeePay, baik itu karena alasan refund yang masuk ke ShopeePay atau karena kebutuhan mendesak. 

 

Tentunya urusan menarik saldo tersebut akan mudah dilakukan bila akun ShopeePay punyamu sudah terverifikasi dengan menggunakan KTP atau KITAS, begitu juga dengan rekening bank yang terdaftar di dalamnya. 

 

Beda halnya bila akun ShopeePay milikmu belum terverifikasi, dan kamu ingin mencairkan saldo di dalamnya tanpa harus verifikasi dengan KTP. Sebab, pencairan langsung ke rekening bank lewat fitur transfer tidak bisa dilakukan sebelum akunmu diverifikasi terlebih dahulu.

 

Meski begitu, kamu tidak usah khawatir. Sebab, Ada lho cara menarik ShopeePay tanpa KTP yang bisa kamu lakukan. Simak informasinya di bawah ini.  

Cara Menarik Saldo ShopeePay Tanpa Register KTP

Setidaknya ada dua cara utama untuk mencairkan saldo ShopeePay tanpa harus memasukkan data KTP kamu ke aplikasi e-commerce tersebut. 

 

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan jasa top-up saldo ke dompet digital lainnya. Sedangkan, cara yang kedua adalah dengan memanfaatkan fitur scan QR Shopee ke akun pembayaran digital

 

Yang perlu kamu ketahui di sini adalah baik dompet digital atau akun usaha digital yang akan kamu gunakan nantinya tetap memerlukan register data KTP agar bisa menarik saldo di rekening bank. 

 

Jika kamu ternyata tidak memiliki atau enggan meregister KTP pribadi, kamu bisa meminta bantuan teman atau keluarga untuk mencairkan saldomu di akun mereka. 

 

Nah, berikut rincian cara mengaplikasikan kedua metode tersebut.

  • Menggunakan Top-Up Saldo ke Akun E-wallet Lainnya

Yang mungkin jadi salah satu pertimbangan utama kenapa kamu malas mendaftarkan KTP-mu ke ShopeePay (dan juga kenapa kamu membaca artikel ini sekarang) adalah karena kamu tidak pernah memakai ShopeePay sebelumnya. 

Alasan lainnya juga ialah kamu sudah memiliki akun e-wallet lain seperti OVO, KlikAja, GoPay, atau Dana. Punya banyak dompet digital tentu tidak terdengar efisien bukan?

 

Meski tidak bisa memindahkan secara langsung saldo ShopeePay-mu ke akun e-wallet lain (atau sesama ShopeePay) yang aktif dan sudah terverifikasi, kamu bisa mengakalinya lewat jasa “top-up saldo” yang ada di Shopee. 

 

Cara menarik ShopeePay tanpa KTP ini adalah dengan menggunakan dana ShopeePay untuk membeli saldo. Nantinya saldo tersebut akan ditransfer oleh penyedia jasa ke akun e-wallet yang kamu beritahukan sebelumnya. Setelahnya, kamu bisa mencairkan uang dari situ. 

 

Namun, perhatikan dahulu apakah jasa top-up yang mau kamu pakai sudah memiliki reputasi yang baik. Jangan sampai ujung-ujungnya saldo ShopeePay kamu malah raib dicuri orang tak bertanggung jawab. 

  • Memanfaatkan Fitur Scan QR ke Akun Pembayaran Online

Meski fitur transfer ShopeePay tidak bisa digunakan, lain halnya dengan scan QR yang terletak di samping jumlah saldo yang tertera. 

 

Kamu bisa memanfaatkannya untuk menarik saldo lewat perantara akun pembayaran atau bisnis digital punyamu sendiri. Terlebih, jika kamu pemilik bisnis kecil atau menengah. Cara ini tentu akan sangat berguna juga bagi kemudahan usahamu. 

 

Selain merchant Shopee yang menggunakan jasa ini, ada beberapa e-wallet lainnya yang menawarkan fitur serupa. Tetapi, tentu saja kamu perlu mendaftarkan KTP terlebih dahulu.

 

Meski begitu, ada beberapa aplikasi yang membutuhkan syarat tambahan seperti SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) atau foto buku tabungan.

 

Walau begitu, kamu tidak perlu repot ketika mendaftar di aplikasi pembayaran AIQQON. Karena, proses bergabung sebagai mitra AIQQON cukup dengan mengajukan KTP dan nomor rekening bank yang aktif. 

  1. Cara Menarik Saldo Shopeepay Lewat AIQQON

 

Adapun cara menarik saldo Shopeepay lewat AIQQON adalah melalui beberapa tahap berikut:

  1. Buka aplikasi AIQQON dan klik tombol terima.
  2. Masukkan detail dan nilai penjualan dengan nominal yang diinginkan, lalu lanjutkan proses berikutnya.
  3. Pilih menu pembayaran “ShopeePay”.
  4. Kode QR akan muncul. Scan kode tersebut menggunakan handphone dengan ShopeePay milikmu. 
  5. Akan muncul di layar ShopeePay nominal yang sudah ditentukan. Lanjutkan pembayaran.
  6. Selamat! Saldo ShopeePay kamu sudah berpindah ke akun AIQQON milikmu dan siap dicairkan ke rekening yang sudah kamu daftarkan.

 

Hasil transaksinya sendiri bisa masuk dan ditarik dari rekening dalam waktu 1 hari atau paling lambat 2 hari semenjak transaksi dilakukan.

 

Untuk cara daftar AIQQON dan informasi dasar lainnya, cek lebih lengkapnya di sini.

 

Baca juga: Kenalan Dengan AIQQON, Aplikasi Pembayaran Online Untuk Kamu

Kelebihan Verifikasi ShopeePay

Ada manfaat Kalau kamu memutuskan untuk memverifikasi dan tidak menggunakan cara menarik ShopeePay tanpa KTP di atas. Beberapa kelebihan dari verifikasi ShopeePay di antaranya: 

  • Bisa transfer saldo ke rekening bank dan akun ShopeePay lainnya.
  • Menaikkan limit saldo ShopeePay dari yang semula Rp2.000.000 menjadi Rp10.000.000

 

Itulah beberapa cara menarik ShopeePay tanpa KTP yang bisa kamu terapkan langsung. Semoga bisa menjadi solusi tepat untukmu yang belum ingin mengaktifkan akun ShopeePay. Selamat mencoba!

 

Solusi untuk transaksi non tunai kapan saja, dimana saja. Download aplikasi pembayaran online AIQQON di Playstore, satu aplikasi untuk kembangkan usahamu. Karena yang istimewa akan kalah dengan yang selalu ada.

Customer Service Aiqqon
Halo, selamat datang di AIQQON. Apakah ada yang bisa saya bantu?