Pentingnya Pembukuan Keuangan Saat Memulai Usaha, Bisa Dimanfaatkan Dari Aplikasi Pembayaran Online

April 20, 2021

Dalam membangun usaha, ada banyak sekali faktor yang harus dipikirkan secara matang oleh pengusaha sebelum benar-benar terjun ke dunia usaha. Mulai dari produksi hingga penjualan, sejatinya ada banyak hal-hal penting yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Salah satu yang aspek terpenting dalam membangun usaha adalah proses pencatatan/pembukuan keuangan.

Pada industri kecil, hal ini seringkali disepelekan oleh pengusaha-pengusaha pemula karena biasanya mereka lebih terfokus pada proses untuk “belajar” memulai usaha, sehingga tidak begitu menekankan pada pentingnya pembukuan. Dengan pembukuan keuangan yang baik, Anda dapat memaksimalkan sumber daya yang ada dan mengefisienkan pengeluaran operasional yang harus Anda keluarkan.

Pembukuan atau pencatatan keuangan adalah sebuah proses yang mengacu pada kegiatan pengorganisasian dan penyimpanan dokumen keuangan dan akuntansi bisnis, termasuk buku besar, jurnal, laporan keuangan, catatan pajak penghasilan, dan banyak lagi.

Pembukuan tidak hanya cukup ditekankan ketika perusahaan telah berskala besar, namun juga perlu diterapkan pada perusahaan ketika masih berskala kecil, agar tidak terseret oleh kegagalan untuk mengetahui masalah keuangan dengan tepat dan terhindar dari kesalahan penghitungan jumlah pajak yang harus dibayarkan. Sekarang ini, Anda bisa mencatat pembukuan dengan aplikasi pembayaran online, lho! Jangan malas! Berikut beberapa alasan mengapa pembukuan keuangan sangat penting untuk dilakukan :

 

1.  Mengetahui Jumlah Transaksi Setiap Harinya

Saat baru membuka bisnis, khususnya bisnis mikro, seringkali seorang pengusaha pemula lebih terfokus pada pesanan konsumen dan bagaimana tingkat kepuasan pelanggan, dan akhirnya kurang memperhatikan aliran dana yang keluar masuk. Akhirnya, ketika menutup penjualan harian, mereka malah justru kebingungan dengan jumlah transaksi yang dilakukan dan berapa modal awal dan keuntungan akhir yang didapatkan hari itu.

Itulah mengapa pencatatan/pembukuan keuangan sangat penting untuk dilakukan sejak awal memulai usaha. Dengan mencatat seluruh transaksi dengan rapi dan benar, Anda dapat melacak aliran dana modal dan keuntungan Anda. Sehingga, ketika ada selisih di akhir penghitungan Anda tinggal melacaknya kembali dari buku catatan keuangan Anda.

 

2.  Mengetahui Jumlah Keuntungan dan Kerugian

Saat sudah membuka bisnis, Anda dapat melakukan puluhan bahkan ratusan transaksi setiap harinya. Baik transaksi penjualan produk Anda, maupun transaksi pembelian bahan produksi Anda. Dibutuhkan pencatatan yang detail untuk setiap aliran dana tersebut agar Anda dapat memastikan nilai-nilai keuntungan dan kerugian yang dialami setiap bulannya.

Jika Anda mencatat seluruh transaksi hingga yang terkecil sekalipun, maka Anda akan memiliki basis data yang jika dihimpun akan menunjukkan jumlah profit dan kerugian yang diakibatkan. Itulah mengapa seorang pengusaha wajib membuat pembukuan online atau transaksi keuangan agar memudahkan mereka untuk mengetahui transaksi keuntungan dan kerugian usaha.

 

3.  Sebagai Data Untuk Perencanaan Selanjutnya

Apabila Anda sudah mulai memahami pembukuan keuangan usaha Anda secara baik, maka Anda akan mampu menyimpulkan banyak hal dari data-data transaksi tersebut. Misalnya seperti rata-rata jumlah permintaan setiap harinya, produk yang paling diminati, pengeluaran yang bisa diefisienkan dan banyak lagi data lainnya yang dapat Anda simpulkan dari pembukuan keuangan Anda. Data-data tersebut dapat Anda jadikan acuan perencanaan Anda kedepannya.

Anda dapat meningkatkan produksi produk yang paling diminati, dapat  mencari alternatif untuk menekan pengeluaran yang tidak perlu, dan banyak hal lainnya. Dengan membuat pembukuan yang baik dan rapi, Anda dapat menghimpun berbagai informasi terkait perkembangan usaha Anda, sehingga Anda dapat menentukan langkah terbaik untuk meningkatkannya.

 

4.  Memudahkan Proses Mendapat Pinjaman Bank

Ketika bisnis Anda sudah berjalan dengan baik dan kuat. Pasti akan muncul rencana-rencana untuk mengembangkannya menjadi semakin besar. Baik dalam skala penjualan ataupun memperbesar lokasi usaha Anda. Hal tersebut dapat diwujudkan tentu saja dengan dana yang besar juga. Terkadang untuk menjaga aliran keuangan perusahaan tetap sehat, saat dibutuhkan sejumlah dana yang besar maka opsi terbaik adalah melakukan pinjaman ke bank.

Dengan memiliki pembukuan keuangan yang sehat, maka pihak bank akan lebih mudah dalam menilai perusahaan Anda. Bank hanya akan memberi pinjaman pada perusahaan yang memiliki kinerja perusahaan yang baik dan hal tersebut dapat ditinjau dari pembukuan keuangan perusahaan. Apabila pembukuan keuangan perusahaan Anda rapi dan jelas, maka pihak bank akan lebih percaya untuk memberi pinjaman modal.

 

5.  Menghindari Kesalahan Saat Pelaporan Pajak

Anda sebagai pelaku usaha tentu memiliki kewajiban untuk membayar pajak. Dengan pencatatan pembukuan yang baik, Anda akan dapat menghitung  dengan lebih akurat besaran pajak yang perlu dibayarkan sehingga minim terjadi kesalahan dalam menghitung pajak penjualan. Selain itu, dengan pembukuan keuangan yang rapi dan jelas, maka Anda akan lebih siap ketika perusahaan Anda menerima audit.

Auditor dapat melarang pemotongan pajak Anda berdasarkan dokumen yang hilang, yang mungkin belum dicatat dalam pembukuan sehingga mempersulit pelacakan. Oleh karena itu, pastikan untuk tetap menyimpan bukti transaksi perusahaan Anda dan pastikan semuanya tercatat dalam pembukuan keuangan Anda.

Seluruh poin-poin diatas menekankan seberapa penting dan bermanfaatnya pembukuan keuangan saat memulai usaha. Jadi, bagi para calon pengusaha maupun pengusaha yang sudah menjalankan bisnisnya, pastikan Anda memiliki pembukuan keuangan yang jelas dan rapi setelah ini. Kini bagi para pengusaha, pembukuan keuangan sudah dapat dilakukan dengan lebih mudah dan efektif dengan aplikasi-aplikasi keuangan.

 

Salah satu aplikasi yang dapat membantu Anda dalam melakukan pembukuan adalah AIQQON. Aplikasi ini memberikan Anda berbagai kemudahan dalam membantu Anda megembangkan bisnis Anda. Dengan menggunakan AIQQON dalam transaksi pembayaran non-tunai Anda, Anda akan dapat mengakses seluruh riwayat transaksi online Anda hanya dengan satu aplikasi pintar ini.

 

Hal ini tentu saja akan memudahkan Anda dalam melacak transaksi Anda dan melakukan pembukuan keuangan dengan lebih rapi dan terpercaya. Download aplikasi pembayaran online AIQQON di Playstore, satu aplikasi untuk kembangkan usahamu. Karena yang istimewa, kalah dengan yang selalu ada.

 

Sumber:

Jurnal Entrepreneur. 4 Alasan Pentingnya Pembukuan untuk Kesuksesan Bisnis Kecil

Qasir. Pentingnya Mencatat Transaksi Secara Online.

Sumber foto: Firmbee dari Pixabay.

Customer Service Aiqqon
Halo, selamat datang di AIQQON. Apakah ada yang bisa saya bantu?