Punya Toko Online sendiri? Mudah!

November 26, 2020

Trend online shopping beberapa tahun belakangan ini sedang meningkat pesat, bisa dilihat dari berdirinya berbagai perusahaan – perusahaan e-commerce dan market place raksasa di bebagai belahan  dunia, termasuk Indonesia.Trend ini  tentunya sangat berkontribusi dalam merubah kebiasaan dan cara berbelanja kita.

 Dulu, sebelum online shop booming, umumnya pilihan tempat belanja adalah mall, boutique, distro, atau department store. Berbelanja di physical store sebetulnya memiliki tantangan tersendiri. Mengantri panjang dan berdesak – desakan dengan pengunjung lain menjadi pengalaman yang tak terhindarkan saat toko dalam keadaan ramai, belum lagi kalau barang yang incar setelah antri berjam – jam ternyata sudah sold out! Biasanya, kita juga harus  mampir ke beberapa toko untuk membandingkan harga dan kualitas barang. Wajar, kalau jaman dulu belanja bisa menghabiskan waktu berjam-jam terutama bagi para wanita. Alternatif pada masa itu jika ingin belanja secara cepat dan praktis hanya department store, tapi kekurangannya tidak semua brand yang kita cari tersedia, pilihannya terbatas pada brand – brand yang menjadi tenant saja.

Dengan kemunculan e- commerce dan market place, perubahan cara belanja yang paling terasa adalah flexibilitas waktu dan tempat berbelanja. Jam belanja tidak lagi dibatasi oleh jam operasional toko. Berbelanja juga bisa dilakukan dimanapun asal kita terhubung dengan jaringan internet. Berkat kecanggihan teknologi, sekarang mencari barang bisa dilakukan hanya dengan mengetik nama barang yang kita inginkan di halaman percarian web atau applikasi, semua online shop/reseller yang menyediakan jenis barang tersebut dari berbagai range harga, design, kualitas dan merk langsung bermunculan. Kita tinggal membandingkan dan memilih produk dari online shop/ re-seller mana yang paling sesuai dengan kriteria. Untuk lebih meyakinkan bisa cek review- review produk dari para pembeli sebelumnya

Kemudahan berbelanja yang ditawarkan sontak membuat platform digital lebih digemari, seiring berubahnya trend belanja di kalangan  masyarakat, banyak toko – toko konvensional beralih menjadi online shop, bahkan sebagian besar brand – brand ternama yang sudah  memiliki banyak gerai juga memiliki online shop sebagai alternative bagi para pembeli. Perlu diketahui, usaha yang bisa bertahan adalah usaha yang bisa berevolusi mengikuti perubahan zaman. Sebagai contoh nyata, konsep shopping mall yang dulunya didominasi oleh department store kini telah digantikan oleh Sebagian besar tenant F&B, karena tujuan orang pergi ke mall saat ini bukan lagi untuk berbelanja melainkan sebagai lifestyle, untuk  keperluan  nongkrong, hangout, makan sehingga yang dibutuhkan adalah café dan restaurant.

Menjawab tantangan ini Aiqqon menyediakan fitur Toko Online guna membantu kalian para pelaku usaha yang ingin beralih ke bisnis online shop atau baru mau merintis online shop secara mandiri, layaknya memiliki website pribadi. Caranya sangat mudah, kalian hanya perlu mengaktifkan fitur Toko Online aplikasi Aiqqon. Setelah aktif dan terdaftar, secara instan kalian akan langsung memiliki halaman web untuk toko online kalian. Desain halaman web tersebut semenarik mungkin, dengan masukan foto -foto atau gambar dari produk – produk kalian, sertakan juga informasi seperti harga, deskripsi produk dan lain -lain layaknya web page toko online. Dari situ, applikasi Aiqqon langsung menghubungkan akun kalian dengan fitur pembayaran dan jasa pengiriman terpercaya. Artinya, online shop kalian sudah resmi bisa beroperasi!

Jangan lupa sebarkan link online shop kalian di social media atau media apapun yang mudah diakses supaya teman -teman dan pelanggan bisa langsung klik link-nya untuk mampir ke online shop kalian.

Ngga cuma itu, kamu jadi punya sarana untuk pamerin katalog toko-toko kamu. Seneng deh pasti punya website pribadi yang isinya barang kamu sendiri tanpa perlu kecampur toko sebelah. Seru!

Customer Service Aiqqon
Halo, selamat datang di AIQQON. Apakah ada yang bisa saya bantu?