Simak 5 Pemikiran yang Harus Kamu Punya Sebagai Cara Mengembangkan Usaha

July 3, 2021

Simak 5 Pemikiran yang Harus Kamu Punya Sebagai Cara Mengembangkan Usaha

 

Sebagai seorang wirausaha, kamu memiliki tanggung jawab penuh atas bisnis atau usaha yang kamu jalankan. Tak jarang sebagai pengusaha yang merintis usaha dari bawah, akan mengalami fase jatuh bangun, sebelum akhirnya mencapai kesuksesan. Karena itu, seorang pengusaha dituntut untuk memiliki jiwa berani dan pantang menyerah, agar mampu menghadapi halangan dan rintangan dalam menjalankan sebuah bisnis.

 

Selain itu, sebagai pengusaha harus memiliki pemikiran yang kreatif dan inovatif untuk bisa mengembangkan bisnisnya dan tentu saja agar bisa bersaing di pasaran. Pasalnya, hal ini merupakan sebuah faktor penting untuk mendukung kelangsungan bisnismu. Dengan memiliki pemikiran yang kreatif dan inovatif seperti itu, menjadi salah satu cara mengembangkan usaha ke arah yang lebih baik lagi.

 

Nah, berikut ini merupakan 5 pemikiran lain yang harus kamu miliki sebagai cara mengembangkan usaha. Yuk, simak ulasannya!

Berpikir “Out Of The Box

 

“Whatever you think, think out of the box”

 

Kamu pasti sudah tidak asing lagi kan dengan ungkapan yang satu ini. Hm, maksudnya apa, sih? Mungkin ada beberapa dari kalian yang belum paham maksud dari ungkapan ini.

 

Ini bukan berarti kamu berdiam diri sambil berpikir di dalam sebuah kotak kosong, dan setelah berjam-jam akhirnya kamu keluar dari kotak itu karena bisa menghasilkan sebuah ide baru. No, bukan seperti itu konsepnya.

 

Jadi, memiliki pemikiran yang out of the box itu berarti kamu harus berpikir tidak seperti biasanya dan berani melakukan sesuatu yang berbeda dari kebanyakan orang – in the box. Berpikir out out the box juga membantu kamu untuk mencari cara bagaimana meningkatkan kualitas diri kamu. Tidak hanya meningkat 5-10% saja, namun menjadikannya berlipat ganda.

 

Hal ini tentunya juga berlaku bagi para pebisnis. Karena di dunia  bisnis, akan ada banyak kompetitor di dalamnya, untuk itu kamu sebaiknya memiliki pemikiran yang out of the box sebagai salah satu cara untuk mengembangkan usaha yang kamu jalankan. Ini juga bertujuan untuk menciptakan ide-ide cemerlang dan berbeda dari para pesaing bisnismu yang tentunya akan memiliki nilai lebih di mata konsumen.

Selalu Open-Minded

Cara berpikir manusia memang terkadang unik. Ada yang berpikiran close-minded (tertutup) dan ada juga yang open-minded (terbuka). Nah, sebagai pebisnis tentu saja kamu harus menerapkan pemikiran yang terbuka atau open-minded ini. Pikiran kamu harus terbuka untuk menerima ide-ide usaha baru, agar tidak terpaku pada satu ide tunggal saja.

 

Tentu dalam berbisnis, akan ada saja hambatannya. Ada kalanya bisnis yang kamu jalankan itu mengalami kemunduran dan berada di bawah. Sebenarnya pasang surut dalam berbisnis itu hal biasa, sih. Namun, kamu juga harus mengantisipasi hal tersebut terjadi, karena akan terasa menyakitkan ketika bisnis yang kita kelola mengalami kemunduran. 

 

Kamu juga harus terbuka terhadap segala kemungkinan yang dapat mengancam keberlangsungan bisnismu. Maka dari itu, kamu perlu memiliki pemikiran yang terbuka untuk menghindari hal tersebut terjadi. 

 

Selain terbuka terhadap ancaman bisnis, sebagai seorang entrepreneur kamu juga harus open-minded akan segala kritik dan saran yang datang. Di sisi lain, kamu juga perlu membuka pikiranmu terhadap tren-tren yang sedang berkembang di masyarakat. Jangan sampai bisnis yang kamu kelola ketinggalan zaman dan terkesan “jadul”.

Berpikir Cepat

Dalam mengelola sebuah bisnis, kamu pasti akan menghadapi beberapa kendala yang mungkin terjadi. Sebuah pertimbangan dan pengambilan keputusan untuk setiap permasalahan yang dihadapi akan sangat membantu dalam menyelesaikan kendala yang ada. Dalam pengambilan keputusan, kamu harus bisa berpikir dan bertindak dengan cepat agar setiap kendala yang dialami dapat terselesaikan dengan baik. 

 

Cara kerja seperti ini tentunya akan berdampak baik bagi kelanjutan bisnis yang kamu jalankan, karena dapat menghemat waktumu sehingga banyak peluang dan kesempatan bisnis yang dapat kamu manfaatkan.

Fokus dengan yang Kamu Kerjakan

Bagi seorang pengusaha, kamu harus dapat fokus pada tujuanmu dalam menjalankan bisnis. Seperti kata pepatah rumput tetangga akan lebih hijau, kamu akan selalu melihat bahwa pesaing lebih unggul dari bisnismu. 

 

Membandingkan bisismu dengan pesaing boleh saja kamu lakukan sebagai tolak ukur dalam bisnismu, tetapi kamu harus tetap fokus pada ide-ide yang kamu punya dan mengembangkannya. 

 

Karena seringkali ketidakfokusan menjadi sebuah penyesalan, sebab kamu tidak memprioritaskan hal-hal penting bagi bisnismu dan membuang waktu untuk mengamati pesaing.

Do it!

Setelah kamu memiliki pola pikir di atas, langkah selanjutnya adalah menerapkannya dalam menjalankan bisnismu. Dalam menjalankan sebuah bisnis perlu tindakan yang nyata untuk bisa mewujudkannya, agar bisnismu bisa berkembang dengan baik di kemudian hari.

 

Jangan takut untuk merealisasikan strategi-strategi bisnis yang telah kamu rancang, karena jika hanya pemikiran tanpa action, maka strategi yang telah kamu susun dengan matang akan berakhir sia-sia.

 

Kamu bisa menerapkan semua tips di atas sebagai salah satu cara mengembangkan usaha yang kamu jalankan. Agar usahamu juga berkembang lebih baik, kamu bisa banget lho menerapkan metode pembayaran online seperti yang sedang tren saat ini. Kini hadir AIQQON sebagai salah satu aplikasi pembayaran non-tunai.

 

Banyak kemudahan yang akan kamu dapatkan jika menerapkan sistem pembayaran online ini, salah satunya yaitu proses pembayaran menjadi lebih mudah, praktis, dan pastinya lebih aman. Unduh aplikasinya di Play Store sekarang juga! Solusi terbaik untuk transaksi non-tunai kapan saja, dan dimana saja. Karena yang istimewa, kalah dengan yang selalu ada.

 

Customer Service Aiqqon
Halo, selamat datang di AIQQON. Apakah ada yang bisa saya bantu?