Sudah Coba 5 Tips Mengembangkan Bisnis dengan Digital Marketing Ini?

August 28, 2021

Cara mengembangkan usaha dengan digital marketing tergolong punya fungsi yang lebih efisien dalam menarik konsumen baru atau lama daripada menggunakan cara marketing tradisional.

 

Digital marketing menawarkan berbagai medium yang bisa kamu pakai dengan harga yang terjangkau dan bahkan sering kali tanpa biaya. Beberapa di antaranya seperti media sosial dan search engine optimization (SEO).

 

Meski dengan banyaknya pilihan yang bisa digunakan, kamu tidak bisa asal mempraktikkan digital marketing. Baca terus artikel ini untuk mendapatkan tips agar strategi digital marketing kamu bisa seoptimal mungkin dan menghasilkan revenue.

  • Pahami di tahapan mana konsumen

Dalam digital marketing, cara mengembangkan usaha berarti sejalan dengan mengembangkan hubungan dengan konsumen. Tanpa mengetahui siapa sebenarnya yang kita tuju, strategi yang kita lakukan akan sulit mengena bagi konsumen.

 

Hal pertama yang harus kamu pahami adalah mengetahui ada di tahap mana hubungan konsumen dengan bisnismu. Ini akan membantumu dalam memberikan apa yang memang mereka cari. 


Tahapan yang dimaksud disini terdiri dari lima fase:

    1. Reach, untuk mencapai calon konsumen yang sedang membandingkan satu jenis produk dari bisnis berbeda.
  • Acquisition, dimana calon konsumen mulai berinteraksi dengan bisnismu. Entah itu dari blog, costumer service, atau website.
  1. Conversion, dimana calon konsumen menjadi konsumen resmi dengan membeli produk atau jasa bisnismu. Meski begitu mereka belum ada di tahap loyal. 
  2. Retention, ini tahapan penting yang bila dieksekusi dengan baik akan membuat konsumen menjadi loyal bahkan mempromosikan produkmu dengan sukarela. Costumer service dan diskon menjadi contoh tool di tahap ini. 
  3. Loyalty, dimana konsumen menjadikan konsumen setia dan promotor dari bisnismu.

 

Jika konsumen ada di tahap baru mengetahui bisnismu, memberikan informasi berkaitan dengan bisnismu, seperti dengan blog, adalah pilihan terbaik ketimbang langsung menawarkan promo produk. 

 

Begitu juga sebaliknya saat konsumen yang ingin membeli, kamu perlu mempermudah transaksi mereka dan bukannya kembali mengenalkan lini bisnismu lewat blog. 

2. Ketahui platform medsos yang dipakai konsumen

Pahami bila karakteristik tiap pengguna platform digital berbeda. Beberapa media sosial memiliki pengguna di rentang usia yang berbeda dan perilaku yang berbeda pula. 

 

Manfaatkanlah ragam tersebut untuk membuat konten yang relevan dan menarik di tiap platform. Ini juga berarti kamu perlu melepaskan salah satu platform yang tidak efisien agar bisa fokus pada platform yang lebih efisien. 

 

Di lain sisi, kamu juga harus siap menghadapi pergeseran bila banyak yang mulai beralih ke platform lain atau ada fitur baru di platform utamamu. Intinya adalah terus kembangkan medsos yang punya pengaruh lebih agar waktu dan pikiranmu bisa lebih terfokus pada platform yang paling tepat. 

3. Gunakan strategi SEO dalam pembuatan konten

Search Engine Optimization (SEO) merupakan strategi yang perlu digunakan dalam pembuatan kontenmu. 

 

Tujuan dari SEO adalah agar website yang kamu punya bisa berada di halaman terdepan saat seseorang mencari suatu informasi di Google dan browser engine lainnya. Dengan begitu, bisnismu pun bisa lebih luas dalam menjaring banyak calon konsumen. 

 

Lewat pencarian keyword atau kata kunci, kamu bisa menentukan topik artikel dari informasi yang dicari orang-orang saat mengetik di kolom pencarian Google. 

 

Jika artikel di website milikmu berhasil menjawab sepenuhnya pertanyaan seseorang, ada kemungkinan orang itu akan menjadikan website-mu sebagai thought leader atau ahli di bidangnya. 

 

Bila sudah begitu, ini bisa memberi pengaruh besar karena kamu dijadikan sumber pertama untuk mendapatkan informasi tertentu. Tentunya peluang memperoleh conversion hingga konsumen loyal bisa lebih tinggi lagi setelahnya.

 

Pencarian kata kunci atau topik bisa dilakukan menggunakan situs seperti Ahrefs dan SEMrush. Ingat pula bila cakupan SEO lebih luas lagi, tapi dengan fokus satu, yakni kepuasan konsumen saat mengunjungi situsmu. Mudahnya navigasi, sedikit iklan pop-up, dan kecepatan loading menjadi sebagian dari aspek penting di dalam SEO. 

4. Gunakan variasi konten yang dapat dibagikan

Bagi sebagian orang, artikel atau tulisan bukan termasuk konten favorit yang mereka konsumsi. Kamu dapat menyiasati hal ini dengan membuat format konten lainnya, seperti video, microblog, foto kreatif, dan infografik. 

 

Variasi konten ini dinilai lebih mudah dikonsumsi dan dibagikan daripada artikel. Di sisi lain, kamu juga bisa memasukkan konten-konten tersebut ke dalam website milikmu agar kamu bisa meningkatkan SEO lewat share serta website lain yang menyertakan link website punyamu.

5. Maksimalkan strategi dengan email marketing

Email marketing merupakan medium tambahan yang punya beragam fungsi. Selain bisa mempromosikan produk terbaru dan voucher, kamu juga bisa membagikan konten dari blog dan tipe konten lainnya. 

 

Medium ini pun dinilai sebagai perpanjangan tangan dari website atau medsos bisnismu, di mana kali ini kamu yang mencapai konsumenmu. Untuk memperoleh pelanggan surel bisnismu, kamu bisa memasang formulir pop-up di website, di bagian akhir artikel, ataupun di medsos. 

 

Pastikan newsletter yang kamu kirimkan konsisten namun tidak berlebihan. Satu hingga dua kali seminggu sudah cukup untuk menarik minat orang yang mengikuti email-mu.

Cara mengembangkan usaha dengan digital marketing adalah proses yang panjang dan terus berlanjut, bahkan setelah bisnismu dikenal banyak orang. Agar usahamu semakin berkembang, permudah pula transaksi pelangganmu dengan menggunakan aplikasi pembayaran online AIQQON di Play Store, solusi untuk transaksi nontunai kapan saja, di mana saja. Karena yang istimewa akan kalah dengan yang selalu ada.

Customer Service Aiqqon
Halo, selamat datang di AIQQON. Apakah ada yang bisa saya bantu?