Tips Bisnis Untuk Usaha Spa & Relaksasi Rumahan

April 16, 2021

Salah satu kebutuhan manusia untuk tetap dapat produktif menjalani kegiatannya sehari-hari adalah merasa rileks dan tenang. Walaupun kelihatannya sepele, namun mendapatkan rasa tenang damai menghadapi keadaan adalah perasaan yang penting untuk dimiliki. Perasaan ini bisa muncul dengan perawatan spa.

Saat ini, sudah banyak usaha spa & relaksasi rumahan yang bisa Anda gunakan jasanya. Jadi, pelanggan tidak perlu lagi repot ke pusat perbelanjaan atau tempat spa yang jauh dari rumah. Hal yang bisa mempermudah transaksi antar penyedia jasa dan klien adalah dengan aplikasi pembayaran online. Dengan pembayaran cashless, selain anti ribet, jualan akan semakin mudah. Jika Anda tertarik untuk membuka bisnis spa dan relaksasi rumahan, simak tipsnya berikut ini.

 

●    Tentukan Pasar

Lakukan survei pasar sebelum menentukan pasar mana yang menjadi target konsumen Anda. Perhatikan gaya hidup dan perilaku konsumsinya terhadap suatu barang. Hasil dari survei pasar nanti adalah tarif yang akan Anda kenakan kepada pelanggan untuk setiap perawatan pada bisnis spa & relaksasi rumahan Anda. Hal-hal yang harus diperhitungkan dalam menentukan tarif layanan adalah pembelian bahan pengadaan alat dan mebel, gaji Anda dan karyawan, biaya operasional, dan jumlah laba yang diharapkan.

Pasar juga akan mempengaruhi layanan metode pembayaran yang akan Anda sediakan di tempat usaha Anda. Jika Anda juga ingin memberlakukan pembayaran non tunai pada bisnis spa & relaksasi yang Anda miliki, pastikan bahwa Anda memilih pihak yang profesional memberikan layanan ini. Sehingga para konsumen nantinya tidak mengalami kendala saat melakukan pembayaran.

 

●    Siapkan Produk dan Peralatan yang Profesional

Walaupun bisnis Anda dijalankan di rumah, namun produk dan peralatan yang Anda gunakan untuk melayani spa dan relaksasi rumahan, sebaiknya adalah produk-produk dan peralatan yang terjamin kualitasnya. Harga produk dan peralatan yang akan digunakan tidak perlu mahal, yang penting akan membuat para konsumen Anda nyaman dan memilih bisnis spa dan relaksasi rumahan Anda sebagai langganannya.

Pilih varian produk lulur atau creambath yang menjadi favorit seperti wangi stroberi, coklat, atau alpukat. Untuk produk lulur, salah satu varian yang menjadi pilihan banyak perempuan ketika perawatan spa adalah lulur bengkoang yang berkhasiat untuk mencerahkan kulit. Peralatan pendukung saat spa seperti kimono dan handuk juga dipilih dengan hati-hati dan pastikan bahannya lembut.

Agar Anda bisa mendapatkan produk-produk kualitas tinggi dengan harga terjangkau, Anda bisa langsung mendatangi produsen produk perawatan yang Anda inginkan. Beberapa produsen ada yang menawarkan program partnership kepada para pemilik bisnis sehingga mereka bisa mendapatkan harga produk yang jauh dari pasaran. Jangan ragu untuk mengambil kesempatan ini.

 

●    Lakukan Promosi yang Tepat

Promosi yang tepat adalah promosi yang dilakukan sesuai sasaran konsumen dan tepat juga dalam pemilihan channel-nya. Buat materi promosi yang menarik dan mudah dibaca serta dipahami. Promosi sangat penting dilakukan dalam pengembangan bisnis spa & relaksasi rumahan Anda. Konsumen biasanya akan memilih tempat spa dan relaksasi rumahan berdasarkan hasil testimoni dan pengalaman orang yang mereka kenal. Oleh karena itu, manfaatkan teknik promosi dari mulut ke mulut untuk mendapatkan pelanggan.

Jangan hanya berhenti di sana, buat juga akun media sosial untuk mempromosikan bisnis Anda. Pasang foto dan poster menarik agar calon konsumen penasaran dan ingin mencoba layanan spa dan relaksasi rumahan yang Anda miliki. Media sosial adalah alat promosi yang tepat untuk memperluas jangkauan bisnis.

Media sosial juga dapat menjadi bentuk pembaharuan teknik promosi dari mulut ke mulut. Pelanggan Anda bisa bercerita di media sosialnya tentang pengalaman mereka melakukan perawatan spa dan relaksasi di tempat Anda lalu menyebutkan akun media sosial bisnis Anda pada cerita mereka. Di sini, Anda akan mendapat perhatian dan engagement yang tinggi dari para warganet.

 

●    Buat Paket dan Promo Menarik

Tidak ada orang yang tidak suka diskon. Jadi, pastikan bahwa bisnis Anda menyediakan diskon dengan syarat dan ketentuan tertentu. Tidak perlu diskon yang besar, namun tetap menarik perhatian calon pelanggan untuk menikmati perawatan di tempat spa & relaksasi rumahan milik Anda.

Coba buat promo dan paket menarik seperti promo ulang tahun, promo hari Kartini, promo hari ibu, dan lain-lain. Anda juga bisa membuat paket beli 3 perawatan dapat 1 perawatan tambahan gratis, paket ibu-anak, atau paket kakak-adik. Promo dan paket yang menarik akan membuat para calon pelanggan memilih tempat spa & relaksasi rumahan milik Anda sebagai tempat me-time.

 

●    Teliti Memilih Tim

Setiap karyawan pada usaha spa & relaksasi rumahan milik Anda adalah representasi dari bisnis yang Anda miliki. Percuma saja jika Anda menyiapkan materi promosi yang menarik dan paket-paket dengan harga terjangkau, jika admin yang mengelola media sosial atau terapis yang merupakan tim Anda adalah orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan tidak peduli dengan konsumennya

Admin media sosial yang responsif akan membuat calon konsumen nyaman dalam mencari informasi atau menanyakan terkait promo dari usaha spa & relaksasi milik Anda.

Konsumen tentu akan meninggalkan tempat spa & relaksasi milik Anda jika tim yang melayaninya saja tidak dapat bersikap dengan baik. Pastikan juga terapis yang bekerja dalam tim Anda adalah terapis yang memang ahli dan tidak akan mencederai konsumen.

 

Demikian tips bisnis untuk usaha & spa relaksasi rumahan yang bisa diaplikasikan pada bisnis Anda. Tertarik membuka cabang baru untuk usaha spa & relaksasi rumahan milik Anda? Jangan lupa terapkan tips di atas ya. Jangan khawatir untuk metode pembayarannya. Karena sekarang sudah hadir solusi untuk transaksi non tunai kapan saja, dimana saja. Download aplikasi pembayaran online AIQQON di Playstore, satu aplikasi untuk kembangkan usahamu. Karena yang istimewa, kalah dengan yang selalu ada. Dengan AIQQON, jualan semakin mudah!

 

Referensi :

Gudang Kemasan. Mencoba Bisnis Spa Rumahan, Bisnis Baru yang Menggoda

Kampung Wirausaha. Ide Bisnis : Spa Mini

MBiz Market. Rasakan Segarnya Bisnis Spa dan Pijat Tradisional

Jagoan Kode. Peluang Usaha Spa Kecil Kecilan

Dokter Bisnis. Jenis Usaha Rumahan? Coba Bisnis Spa Kecantikan Mini

Sumber foto: Kai Miano dari Pixabay

Customer Service Aiqqon
Halo, selamat datang di AIQQON. Apakah ada yang bisa saya bantu?