Yuk, Kenalan Lebih Dekat dengan Sistem Pembayaran Online

August 30, 2021

Di era pandemi ini, banyak hal dilakukan secara online. Mulai dari belanja kebutuhan sehari-hari, sayur-mayur, makanan, bahkan sampai obat pun bisa kamu lakukan lewat handphone mu. Untuk transaksi jual-beli online, umumnya pembayaran dilakukan dengan sistem pembayaran online. Sedangkan untuk transaksi offline, kamu bisa menggunakan aplikasi pembayaran toko.

Nah, lain halnya dengan sistem COD. Saat berbelanja online dan memilih sistem COD, kamu bisa membayar saat kurir ekspedisi datang ke rumahmu.

Sistem pembayaran online dapat dilakukan secara tidak langsung dan nontunai, sehingga menjadikan transaksi lebih aman dan mudah dijalankan. Ada beberapa sistem pembayaran online yang kini kerap menjadi pilihan, di antaranya:

1. Transfer bank

Metode pembayaran yang satu ini memang menjadi salah satu pembayaran yang paling banyak diakses. Kamu dapat menggunakan transfer secara langsung menggunakan verifikasi manual atau otomatis dengan sistem virtual account. Tinggal transfer ke nomor rekening yang sudah tersedia, transaksi perbelanjaan online pastinya sudah bisa langsung dibayarkan.

2. Kartu kredit

Tidak semua orang memang memiliki kartu kredit untuk digunakan pada aplikasi pembayaran online. Akan tetapi, metode pembayaran yang satu ini tentu sangat aman digunakan mengingat ada berbagai fitur yang tersedia dari sistem pembayaran menggunakan jenis kartu bank yang satu ini.

3. Direct debit

Kamu juga bisa membayarkan belanja online menggunakan pembayaran yang langsung menarik saldo dari akun bank pembeli. Metode ini tentunya sangat cocok untuk pembayaran yang dilakukan secara berulang dan rutin karena tidak perlu selalu memerlukan kode OTP.

4. Dompet digital

E-wallet atau sistem dompet digital saat ini sudah semakin marak digunakan dalam berbagai transaksi online. Dengan sistem ini, kamu hanya perlu menyediakan saldo dan membayarkan biaya belanja menggunakan saldo yang terdapat dalam aplikasi dompet digital yang kamu miliki.

5. Scan QR Code

Salah satu tren yang juga banyak dimiliki oleh sejumlah aplikasi belanja online adalah dengan menggunakan scan kode QR di mana kamu dapat langsung menggunakan scanner HP untuk dapat terintegrasi dengan jaringan QR dan aplikasi e-wallet atau bank.

Selain beberapa metode di atas, ada juga berbagai metode lain berupa kredit non-tunai menggunakan aplikasi pembayaran kredit online, pembayaran melalui sejumlah toko ritel, hingga sistem COD sebagai salah satu pembayaran semi-digital.

Berbagai aplikasi pembayaran toko yang kerap digunakan saat ini menjadikan pembayaran online sebagai salah satu tren yang dinilai positif guna meningkatkan penjualan dan daya beli masyarakat.

Sayangnya, di balik berbagai pembayaran online ini tersimpan beberapa risiko yang mungkin saja mengintai. Lantas, bagaimana cara aman menggunakannya? Sebaiknya kamu pilih platform yang aman.  

Selain itu, karena menggunakan aplikasi online, mengganti password adalah hal yang cukup penting. Dengan begitu, aktivitas pembobolan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab bisa dengan mudah kamu hindari. Waspadai juga tautan mencurigakan yang dikirim lewat WhatsApp atau SMS, ya!

Itulah beberapa jenis transaksi dengan aplikasi pembayaran toko dan bagaimana menjalankan transaksi secara mudah dan aman. Semoga bermanfaat dan selamat berbelanja! Berbicara tentang pembayaran nontunai, kamu bisa memenuhi kebutuhan pembayaran secara langsung maupun lewat internet dengan aplikasi AIQQON. 

AIQQON adalah aplikasi pembayaran digital untuk transaksi nontunai kapan saja, di mana saja. Yuk, unduh aplikasi pembayaran online AIQQON di Play Store. Satu aplikasi untuk kembangkan usahamu. Karena yang istimewa, kalah dengan yang selalu ada.

Customer Service Aiqqon
Halo, selamat datang di AIQQON. Apakah ada yang bisa saya bantu?